Makanan Untuk Nutrisi Otak Si Kecil

26 Maret, 2011 at 1:10 pm 4 komentar

Otak merupakan organ tubuh paling penting bagi manusia yang berperan sebagai pengendali seluruh bagian tubuh, seperti mengingat, berkosentrasi, mengantuk, mempelajari pengetahuan baru, dan sebagainya. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Beratnya tugas otak menyebabkan otak membutuhkan sekitar 50% dari seluruh kebutuhan energi atau tenaga dalam tubuh. Kurangnya nutrisi otak akan sangat mempengaruhi daya maksimal kerja dari otak manusia.

Agar si kecil dapat tumbuh sehat dan cerdas maka kebutuhan nutrisi yang diperlukan antara lain Lemak Pembangunan Otak, terutama asam lemak (DHA dan ARA), merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan otak dan mata si kecil. Kekurangan kedua jenis asam lemak esensial itu saat lahir berkorelasi dengan berat badan yang rendah, lingkar kepala yang kecil, dan ukuran plasenta yang rendah. Akibatnya perkembangan sistem saraf pusat dan kemampuan kognitif di masa selanjutnya pun turut terpengaruh. (Brithis Medical Journal, Inggris: 2001).

Nutrisi otak sebenarnya tersedia pada makanan seperti ikan, daging, telur, udang, sayur-sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi bagi otak si kecil.

Tomat Kaya Antioksidan

Memasak menggunakan tomat sudah sering kita lakukan. Banyak jenis masakan yang menggunakan tomat sebagai penyedap dan pelezat. Tetapi tomat tidak hanya berguna untuk melezatkan masakan Anda, tomat pun bisa menyehatkan keluarga Anda. Tomat mengandung berbagai vitamin dan antioksidan seperti Vitamin C dan Vitamin E. Walaupun tidak semua anak suka memakan tomat dengan sendirinya, tomat pun mudah diolah sehingga anak Anda bisa menikmatinya dan ia pun senantiasa hidup sehat.

Ingin sehat tidak selalu harus susah atau mahal. Anda bisa menyehatkan keluarga Anda dengan isi kulkas Anda sendiri, tomat yang merah dan ranum pun bisa menjaga si Kecil tetap sehat dan kuat.

Apel Segar Yang Menyehatkan

Pernah dengar pepatah, ‘Makan apel sekali sehari menjauhkan dokter’? Ternyata pepatah itu cukup masuk akal. Apel yang segar dan enak dimakan ini mengandung Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata dan juga daya tahan tubuh si Kecil. Selain Vitamin A, apel pun kaya akan kalsium, Vitamin C, zat besi, Zinc, Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, magnesium dan lainnya. Dan karena rasanya yang manis, si Kecil pun akan menyukai buah yang satu ini.

Alpukat Sumber Kecerdasan

Alpukat yang manis dan enak tentu sempat menjadi menu berbuka puasa akhir-akhir ini. Si Kecil pun suka buah alpukat, terutama bila diminum sebagai jus. Buah alpukat bukan saja enak dimakan dan disukai banyak orang, buah ini pun bisa mencerdaskan karena mengandung Tyrosine, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak balita. Tyrosine adalah salah satu prekursor neurotransmitter yang membantu kecerdasan otak terutama bagi balita. Selain itu, alpukat juga mengandung berbagai macam vitamin dan kalsium yang membantu menyehatkan buah hati Anda.

Sehat Dengan Bengkuang

Bengkuang mudah di dapat dan sering kita konsumsi sehari-hari. Pastinya kita semua pernah makan bengkuang di dalam rujak yang kita nikmati pada sore hari. Selain mudah didapat dan enak dimakan, bengkuang juga sangat menyehatkan, dan berguna untuk pencernaan tubuh. Bengkuang adalah salah satu sumber alami inulin, yang penting untuk pencernaan kita dan bisa membantu menjaga tubuh kita dari serangan bakteri yang jahat.

Kentang dan Vitamin B

Kentang adalah bagian dari makanan kita sehari-hari. Kita seringkali makan kentang goreng, atau kentang rebus ataupun makanan dengan kentang seperti balado kentang dan sup kentang. Kentang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seluruh keluarga, termasuk juga buah hati Anda. Kentang kaya akan vitamin B, terutama vitamin B1, B2, B3 dan B6. Selain itu, kentang juga kaya kalsium, vitamin C dan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh balita.

Jagung Untuk Perkembangan Otak

Ingin anak tumbuh cerdas dan sehat, tidak perlu merepotkan. Ada banyak cara untuk membantu memberikan nutrisi terbaik. Salah satu cara memberikan asupan nutrisi bagi si kecil adalah melalui makanan, dan salah satunya adalah dengan memberikan jagung dalam menu makanan buah hati Anda. Jagung, selain mengandung berbagai macam Vitamin seperti Vitamin A, B1, B3, B9 dan Vitamin C, juga mengandung zat besi, protein, potasium dan Magnesium yang berguna untuk kesehatan. Selain itu, jagung juga merupakan salah satu sumber alami asam lemak Omega-6 yang berguna untuk membantu perkembangan otak si kecil.

Kol Yang Mencerdaskan

Ingin anak tumbuh cerdas dan sehat, tidak perlu merepotkan. Ada banyak cara untuk membantu memberikan nutrisi terbaik. Salah satu cara memberikan asupan nutrisi bagi si kecil adalah melalui makanan, dan salah satunya adalah dengan memberikan kol dalam menu makanan buah hati Anda. Kol selain mengandung berbagai macam Vitamin seperti Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan Vitamin C, juga mengandung zat besi, protein, kalsium dan zinc yang berguna untuk kesehatan. Selain itu, Kol juga merupakan salah satu sumber alami asam lemak Omega-3 yang berguna untuk membantu perkembangan otak si kecil.

Tahu Sebagai Sumber DHA

Tahu adalah makanan yang biasa ada di menu kita sehari-hari. Ada berbagai macam cara mengolah tahu, dan rasanya yang enak membuat tahu disukai oleh seluruh keluarga. Tahukah Anda bahwa tahu juga mengandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan tubuh balita? Tahu merupakan salah satu sumber alami DHA, yang dibutuhkan si kecil untuk perkembangan otaknya. Selain itu, tahu juga mengandung protein yang tinggi, dan juga kalsium dan zat besi yang penting bagi kesehatannya.

Tahu Kaya Omega-3

Tahu adalah makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Baik digoreng, ditumis, maupun dimasakn dengan sayuran atau daging. Apakah manfaat tahu untuk kecerdasan? Tahu adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan Omega-3, yaitu penghasil DHA yang adalah asam lemak penting yang berperan besar dalam perkembangan sistem saraf pusat, perkembangan kecerdasan, ketajaman penglihatan dan perkembangan fisik. Selain itu, tahu juga kaya protein, mengandung jumlah zat besi yang menguntungkan, dan tidak berkolesterol yang membahayakan kesehatan. Tahu juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Kacang Kedelai Yang Mencerdaskan

Kacang kedelai adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari di Indonesia. Hampir setiap hari kita makan tahu atau tempe. Buah hati kita pun biasa mendapatkan kacang kedelai dalam bentuk tahu, tempe atau kacang edamame di dalam menu makanan mereka setiap hari. Kacang kedelai bukan saja hanya bagian dari makanan kita, tetapi kacang kedelai juga mempunyai kandungan nutrisi yang bisa membantu perkembangan otak si Kecil. Kacang kedelai kaya akan asam lemak Omega-3 dan Omega-6 seperti DHA, AA dan SA. Kacang kedelai juga mengandung Sphingomyelin yang bisa membantu kecerdasan otak si kecil. Selain itu, kacang kedelai mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B6, B12, Vitamin C, Vitamin K, kalsium, zat besi, zinc dan sebagainya.

Bok Choy Yang Kaya Kalsium

Bok choy atau kol Cina adalah sayuran yang lezat dan mudah dimasak. Kita sering memakannya dalam menu makanan sehari-hari, dari mulai sayuran tumis yang kita masak dengan daging sapi, sampai kimchi atau asinan Korea itu. Tapi tahukah Anda bahwa bok choy adalah sayuran yang kaya kalsium? Seperti yang kita sudah ketahui, kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan balita Anda. Selain kalsium, bok choy juga kaya akan Vitamin C, yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , , , , .

Sistem Informasi Manajemen: “Pendekatan Sistem dan Teknologi Informasi Dalam Sistem Informasi Akuntansi” Refleksi Diri: “Nikmatnya Berbagi Dengan Sesama”

4 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2011
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: