Refleksi Diri: “Time Is Not Just Money, Time Is Life”

10 Desember, 2010 at 2:08 pm 3 komentar

Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean.“Apakah kita mencintai kehidupan? Jangan hamburkan waktu, karena dari bahan itulah kehidupan itu di buat”. Begitulah ungkapan dari Benjamin Frenklin (1706-1790) 300 tahun yang lalu. Ungakapan itu begitu menarik dan mengelitik bagi kita semua. Mari kita coba renungkan bersama-sama makna dari ungkapan Benjamin Frenklin tersebut. “Andaikata setiap pagi hari rekening kita menerima transfer sebesar US$ 86.400 atau setara dengan Rp 803.520.000,- dari seseroang tapi dengan persyaratan uang tersebut harus dihabiskan pada hari itu juga, karena malam harinya Bank akan menghapus sisia uang yang tidak terpakai. Apa yang akan kita perbuat dengan uang tersebut?”

Kawan, hidup kita sebenarnya bak sebuah rekening bank waktu. Setiap pagi kita diberik modal oleh Tuhan sebanyak 86.400 detik. Malam harinya, sisa waktu yang tidak terpakai akan dihapus begitu saja. Begitu seterusnya. Tidak pernah ada ceritanya sisa saldo waktu hari ini kita akumulasikan sebagai tambahan hari kita esok. Setiap hari kita harus menginvestasikan modal yang diberikan guna memperoleh manfaat yang sebaik-baiknya dalam hidup ini, baik itu menyangkut kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan.

Kawan, kita dapat bertanya pada seorang siswa yang tinggal kelas untuk mengetahui betapa berharganya waktu satu tahun itu. Kita dapat bertanya pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur untuk mengetahui betapa berharganya waktu satu bulan. Kita dapat bertanya pada editor sebuah majalah mingguan untuk mengetahui betapa berharganya waktu satu minggu itu. Kita pun dapat bertanya pada sepasang kekasih yang sedang dimabuk asmara untuk mengetahui betapa berharganya nilai satu jam itu. Untuk menyadari nilai dari satu menit kita dapat bertanya pada seseorang yang ketinggalan kereta atau pesawat. Untuk menghargai betapa bernilainya waktu satu detik, kita dapat bertanya pada orang yang baru terhindar dari tabrakan mobil.

Kawan, hargailah setiap detik dari waktu yang kita miliki. Terlebih kita menggunakan waktu tersebut bersama orang-orang yang kita cintai dalam hidup ini. Kawan, ingatlah bahwa kemarin merupakan sejarah bagi kita, besok merupakan misteri yang tependam, sedangkan hari ini merupakan sebuah anugrah. Jadi manfaatkanlah waktu kita sebaik-baiknya dengan penuh rasa syukur.

Kawan ingatlah bahwa waktu bukan hanya uang, tapi waktu adalah kehiupan kita itu sendiri. Manajemen waktu yang baik sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya. Lakukan saat ini juga, karena belum tentu esok masih ada.

Entry filed under: Refleksi Diri. Tags: , , , .

Selamat Tahun Baru Hijriah 1431 H Sistem Informasi Manajemen: “Databased dan Databased Management System”

3 Komentar Add your own

  • 1. Pelatihan Motivasi  |  10 Desember, 2010 pukul 6:11 pm

    artikelnya inspiratif banget, betapa berharganya waktu yang kita miliki.. sebab waktu tidak mungkin kembali…

    terima kasih

    Rizal –

    Balas
  • 2. Trima kasih motivasinya!  |  6 Maret, 2011 pukul 10:56 am

    Inspiratif skl.. berapa banyak waktu yang kita punya itu tidak lebih penting dari pemanfaatannya!

    Balas
  • 3. sony winata  |  31 Maret, 2012 pukul 11:42 am

    Setuju 110%
    Jika kita hitung sejak pagi hari kita terbangun,melakukan aktivitas hingga saat kita akan tidur kembali,berapa banyak waktu terbuang dengan percuma? Dalam satu hari,satu minggu,satu bulan,satu tahun ?
    Betapa sayang waktu tersebut kita lewatkan dengan percuma !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: