5 Kelemahan Pemimpin Ala Sun Tzu

20 November, 2010 at 11:59 am 1 komentar

Pemimpin merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas maju mundurnya suatu organisasi Bila kita renungkan bersama, bahwa setiap manusia adalah pemimpin paling tidak sebagai pemimpin dirinya sendiri. Pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang dapat mengendalikan dirinya sebelum memimpin orang lain, karena pengendalian diri adalah awal untuk menjadi bijaksana. Menjadi pemimpin harus bijak bukan hanya pintar, sebab orang pintar belum tentu bijaksana, tetapi orang bijaksana adalah orang yang pintar.

Dalam melakukan aktifitasnya, Sun Tzu mengidentifikasi setidaknya ada 5 kelemahan para pemimpin yaitu:

1. Pemimpin yang Ceroboh, Ia Bisa Terbunuh

Dalam kondisi peperangan, keberanian adalah unsur kekuatan yang juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Akan tetapi, keberanian tanpa perhitungan tentunya akan banyak mengandung risiko yang mendekatkan pada kekalahan. Berani tidak sekedar tekad yang bulat (nekad). Karana risiko pemimpin yang hanya bisa maju perang tanpa memiliki konsep dan strategi adalah kecerobohan yang mebinasakan baik bagi dirinya maupun bagi organisasi yang dipimpinnya

2. Pemimpin yang Pengecut, Ia Bisa Tertangkap

Seorang pemimpin yang mimiliki jiwa kerdil yang penuh rasa takut, akan serba ragu-ragu dalam menentukan keputusan. Jika sikap ini yang terus dipelihara dalam setiap tindakan, maka musuk akan dengan mudah menebak ke mana ia akan melangkah, sehingga ia pun akan dengan mudah di tawan dalam setiap kesempatan.

3. Pemimpin yang Mudah Naik Pitam, Ia Mudah Dihasut

Kemarahan hanya akan menenggelamkan seseorang dalam “kuburan” ego yang akan mudah menjerumuskan diri dalam persoalan. Sikap mudah emosi atau temperamental yang dimiliki seorang pemimpin, akan membuat dirinya mudah diprovokasi dan ujung-ujungnya ia akan bertindak sembrono sehingga akan membodohi diri sendiri. Oleh karena itu, pemimpin yang mudah marah biasanya hanya akan “terjebak” dalam kubangan yang mencelakakan.

4. Pemimpin yang Gila Hormat, Ia Mudah Difintah

Bagi seorang pemimpin, jika ia terlalu menjaga kehormatan dan mengagungkan posisi dan jabatannya, ia akan mudah difitnah dengan kedudukannya tersebut. Sebab, seorang pemimpin, apalagi yang gila pangkat, akan melalakukan tindakan-tindakan yang cenderung nekat dan menghalalkan segala macam cara agar posisinya terangkat. Oleh karena itu, ia akan mudah di fitnah demi mengejar kehormatan dan melupakan inti dari perjuangannya.

5. Pemimpin yang Mudah Mengalah, Ia Mudah Dikecewakan

Kasih sayang adalah sifat mulia yang patut dipelihara. Namun, dibalik sikap itu seorang pemimpin yang mudah iba atas dasar belas kasih, justru bisa jadi kecewa sebab sikap iba pada bawahannya yang terlalu kuat tanpa perhitungan, malah akan melahirkan kerepotan dikemudian hari. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya pertimbangan yang dibuat untuk membuat keputusan, sehingga banyak waktu yang terbuang yang justru akan melewatkan kesempatan. Bukan sikap iba yang dibutuhkan dalam kepemimpinan, akan tetapi kasih sayang dan sikap memanusiakan terhadap bawahanya sehingga ia dapat menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh setiap orang yang terlibat dalam organisasi tersebut.

Kelima kelemahan pemimpin yang diungkapkan oleh Sun Tzu terasa sangat relevan dengan kondisi dunia bisnis saat ini. Hal ini bisa kita rasakan bahwa kelemahan-kelemahan tersebut banyak kita jumpai di mana-mana

Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan pimpinan diatas, diharapkan kita bisa mengintrospeksi diri sehingga kita tidak terjebak pada sikap-sikap yang melemahkan dan kita dapat memupuk sikap kepemimpinan yang dberlandaskan kekayaan menntal untuk meraih kemenangan yang gemilang.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Humanity. Tags: , , , , , .

Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H Studi Kelayakan Bisnis: “Aspek Hukum Dalam Studi Kelayakan Bisnis”

1 Komentar Add your own

  • 1. lela  |  11 Maret, 2011 pukul 11:51 am

    terimakasih ya,, atas tips tipsnya jdi saya tahu bagaimana seorang pemimpin itu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 947,371 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: