Tips Membaca Yang Menyenangkan Bagi Anak

25 September, 2010 at 4:54 pm 2 komentar

Meningkatkan  minat baca di kalangan anak-anak terasa gampang-gampang susah. Dengan membanjirnya tayangan televisi dan permainan menyebabkan anak cenderung sulit kalau diajak untuk membaca. Anak-anak akan cenderung memilih hal-hal yang menurut mereka menyenangkan, menggembirakan dan  menyebabkan ceria dibanding dengan aktivitas yang membosankan seperti membaca.

Anak-anak memiliki segudang cara untuk memanipulasi lingkungannya sehingga sesuai dengan keinginan mereka da membuat mereka lebih bersemangat. Sebaliknya, mereka pun memiliki berbagai macam siasat untuk tidak melakukan sesuatu jika hal tersebut tidak menyenangkan bagi mereka. Oleh karena itu, selain pembiasaan, suasana yang menyenangkan, dan menarik akan menyababkan anak-anak lebih menyukai aktivitas membaca ini.

Menurut Puspitarini, kegiatan membaca bersama harus memiliki unsur FUN. Empat tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak-anak yaitu:

Think about something fun means something that is easy

Pikirkanlah hal-hal yang ringan, tidak sulit, menggembirakan dan membuat kita ketawa. Pilihlah cerita-cerita sederhana dan lucu. Bisa juga dengan memilih cerita dengan tema favorit anak-anak. Hal tersebut dapat membuatnya untuk diam lebih lama dan mendengarkan cerita dengan baik.

Sederhanakanlah penggunaan kata-kata yang kita ucapkan, dan hindari membacakan kalimat yang panjang dan kompleks sehingga sulit dimengerti anak. Bila anak tidak paham akan sebuah kata, tutup buku sementara dan gunakan bahasa ujaran sehari-hari yang lebih mudah dimengerti. Bacakan cerita dengan suara yang cukup terdengar, intonasi yang pas, tempo yang lambat, hingga anak dapat menangkap kata dan kalimat dengan jelas.

Fun is also comfortable, cozy and rilex

Pilih saat-saat tenang dan santai ketika membacakan buku pada buah hati kita. Banyak orang memilih moment “membaca sebelum tidur”. Sebab, pada waktu itu keadaan emosi anak sudah kembali tenang dan orang tua maupun anak berada dalam suasana yang tidak tergesa-gesa. Bacakan buku dengan posisi berdampingan dan buku terbuka tegak sehingga anak dan orang tua sama-sama dapat melihat gambarnya. Posisi ini akan membuat anak merasa nyaman, sebab ia tidak berada dalam posisi “inferior-superior” serta terhindar dari kesalahan persepsi karena berbeda sudut pandang.

Fun is flexibility, creativity and open to disscuss!

Seringkali anak tidak setuju dengan jalan cerita, akhir cerita, atau sifat-sifat tokoh yang terlibat dalam cerita sehingga dengan sepontan ia memberikan pendapatnya. Bila anak memiliki kesan, pendapat, ide, dan selera yang mungkin berbeda terhadap sebuah cerita, dengarkan pendapat yang diutarakannya. Kemudian diskusikan apa hikmah dan kebaikan yang didapat dari cerita yang telah di baca.

Use other facilities to support the story

Gunakanlah fasilitas-fasilitas untuk mendukung cerita yang kita bacakan. Boneka-boneka jari dapat menjadi tokoh dalam cerita. Poster besar bergambar suasana hutan dapat dipasang di dinding ketika kita membacakan cerita bertema hutan. Menggunakan topeng, kacamata palsu yang lucu atau memutar musik pelan sebagai pengiring cerita akan membuat suasana membaca cerita menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Membaca merupakan pintu untuk membuka cakrawala keilmuan dan wawasan anak nantinya. Pembiasaan aktivitas membaca sejak kecil akan banyak manfaatnya dikemudian hari. Dengan suasana yang menyenangkan, menarik dan menggembirakan akan makin membuat anak suka untuk membaca.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Parenting. Tags: , , , .

Kesuksesan: “Terserah Pada Diri Kita” Dengkuran Yang Membahayakan

2 Komentar Add your own

  • 1. Syaeful  |  8 November, 2010 pukul 12:47 pm

    Hallo ….
    Saya ada sedikit masalah dengan anak (perempuan) umur 6 tahun pas. Dia sekarang duduk di Sekolah TK. Keluhan saya kenapa dia kalau belar selalu murung & suaranya itu jadi sangat pelan. Padahal dia kalau main selalu berbicara dengan lantang. Seakan dia tidak pernah semangat kalau pas belajar. Tidak hanya di rumah disekolahpun sama sikapnya seperti itu.
    Tolong bagi rekan2 yang punya tips yang terbaik untuk anak saya itu kamu baik anak harus bagaimana ??

    Terimakasih ya ……….

    Balas
    • 2. why_snu  |  10 November, 2010 pukul 11:44 am

      bapak yg slalu penuh pengertian, emang untuk anak seusia putri bapak yg masih duduk di TK,merupakan masa2 x bermain, jadi alangkah baiknya jika suasana belajar dibikin semenarik mungkin, dan senyaman mungkin agar putri bapak senang melakukan aktivitas tersebut………

      bikinlah belajar anak seperti suasana bermain,….jangan terlalu memakakan anak untuk belajar karena bisa membuat anak frustasi dan akhirnya akan membenci aktivitas belajar tersebut, anak usia TK merupakan masanya bermain, jadi ciptakan lah permainan2 yg mendidik, seperti menghafal huruf dengan permainan, menghitung dengan disertai nyanyian dan sebagainya………kreatifitas orang tua sangat diperlukan disini…..

      semoga putri ibu menjadi putiri yg cerdas dan dapt memajukan bangsa ini……….salam…….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2010
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: