Memeriksa Diri Sendiri

22 Juli, 2010 at 10:28 am 4 komentar

Kesehatan memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan ini. Walaupun bukan segala-galanya tanpa kesehatan kita tidak akan dapat menikmati indahnya kehidupan yang ada. Untuk itulah sudah selayaknya kita menjaga diri kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit sehingga kita tetap dalam keadaan bugar dan sehat.

Ada beberapa pertanyaan sederhana yang dapat kita gunakan untuk memonitor kesehatan kita sendiri. Cobalah tanyakan pada diri kita apakah penglihatan kita mulai terganggu? Apakah air seni kita berwarna kuning gelap atau keruh? Cukup bugarkah tubuh kita? Indikasi tersebut dapat kita pantau sendiri untuk mengingatkan kita kapan kita perlu pergi ke dokter. Pemeriksaan kesehatan sendiri dapat kita lakukan untuk beberapa hal berikut.

Paru-Paru

Cobalah menarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan seketika melalui mulut. Jika cara tersebut membuat kitabatuk berarti paru-paru kita memerlukan ekstra kerja untuk mendapatkan tambahan oksigen.

Tariklah nafas dalam-dalam paling tidak selama 10 menit setiap hari melalui hidung, langsung ke rongga perut, kemudian keluarkan pelan-pelan melalui higung sambil mengempiskan perus. Jikacara ini tidak menolong kita dan tetap batuk segera priksakan diri ke dokter.

Gusi dan Gigi

Apakah gusi kita lembut, berwarna merah tua dn mudah berdarah? Selain itu, apakah gigi kita agak goyah? Itu semua merupakan tanda-tanda bahwa gusi kita tidak cukup sehat.

Gosoklah gigi kita setiap hari dan bersihkan dengan benang gigi secara teratur. Hindari makanan bergula dan bersihkan gigi sesegera mungkin setelah makan makanan yang manis-manis. Kunjungi dokter gigi kita secara teratur, enam bulan sekali untuk memeriksa gigi.

Perut

Apakah perut kita selalu kembung? Jika ya, mungkin kita stres. Untuk menyakinkan lihatlah di kaca. Rahang yang tegang, mata merah, kening berkerut, lutut terasa tegang, dan gangguan pencernaan merupakan tanda-tanda stres.Untuk mengatasinya, perbanyak makanan berserat, kurangi makanan yang terlalu berbumbu, serta perbanyak latihan/gerak badan. Berlatihlah juga untuk rileks dengan mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan, atau tidur dalam ruang yang gelap selama 10 menit. Jika itu semua masih tidak menolong kita. Segeralah priksakan diri ke dokter.

Payudara

Waktu yang terbaik untuk pemeriksaan payudara sendiri adalah sehabis masa haid. Lihatlah di kaca kalau-kalau ada kelainan/perubahan, penebalan kulit yang tidak biasa, atau ada kulit yang lepas dari putting payudara anda.

Untuk memeriksa adanya benjolan atau tidak, angkatlah sebelah tangan anda ke belakang kepala, gunakan tangannya lagi untuk meraba ada tidaknya benjolan di payudara. Cara merabanya, mulai dengan pelan-pelan bagian lingkaran paling luar dari payudara ke arah dalam, sampai ke putting payudara. Jangan lupa periksalah sekitar ketiak. Jika ada benjolan di sekitar payudara, termasuk ketiak, segera periksakan ke dokter. Jangan terlalu khawatir karena 9 dari 10 benjolan yang ada bukan termasuk kanker.

Air seni

Warna air seni yang baik adalah kuning muda dan jernih. Tetapi tambahan vitamin seperti vitamin B, dapat merubah warna dan baunya. Jadi jika warna air seni kita berubah menjadi keruh, jangan terlalu khawatir dulu. Ingat-ingatlah apa yang telah kita makan. Jika air seni kita selalu kuning keruh, atau ada sedikit campuran darah segeralah ke dokter.

Untuk membantu kelancaran air seni kita, minumlah air putih yang banyak.

Sirkulasi Darah & Kebugaran Tubuh

Kurang lancarnya sirkulasi darah atau pernafasan adalah gejala dari berbagai keadaan tubuh yang tidak normal. Untuk mengetahui hal tersebut, cobalah tekan ibu jari kaki kita selama beberapa detik. Jika warnanya tetap pucat dan tidak kembali normal dalam waktu lebih dari dua detik, berarti sirkulasi tubuh kita kurang baik.

Untuk melancarkan sirkulasi darah, dapat dibantu dengan cara berolah raga secara teratur. Jangan duduk atau berdiri terlalu lama dan usahakan agar tubuh kitaselalu bergerak.

Kesehatan merupakan aset kita yang sangat berharga. Walaupun bukan segala-galanya, namun tanpa kesehatan semuanya menjadi tidak berarti. Jagalah kesehatan kita sedari awal…………karena kesehatan sangat mahal harganya……

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , , .

Guru Terbaik Kita Marhaban Ya Ramadhan 1431 H

4 Komentar Add your own

  • 1. kangs  |  23 Juli, 2010 pukul 3:59 pm

    wah info yang oke banget ..gan..terimakasih infonya

    Balas
  • 2. Indahnya Kebersamaan  |  25 Juli, 2010 pukul 11:25 am

    Klo air seni nya bening artinya banyak konsuumsi vitamin, kalo keruh kuning juga bisa kena liver. Soalnya pengalaman

    Balas
  • 3. warm  |  14 Agustus, 2010 pukul 8:23 am

    info yg keren
    makasih bos

    Balas
  • 4. ina  |  17 Agustus, 2010 pukul 3:06 pm

    nice info… emang perlu kag semua itu… perlu diperiksa…
    met puasa yah kag🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: