Hikmah Dibalik Rasa Sakit

19 Januari, 2010 at 3:30 pm 3 komentar

Tidak seorang pun di dunia ini yang belum pernah merasa sakit, baik itu sakit secara fisik maupun sakit secara psikis (kejiwaan), baik berat maupun ringan. Rasa sakit yang kita derita merupakan anugrah yang musti kita syukuri, karena dengan rasa sakit itu kita akan belelajar bagaimana mensyukuri nikmat sehat.

Sakit memiliki dimensi yang unik, satu sisi dapat membawa kita menjadi pribadi yang mulia disisi lain rasa sakit dapat membawa kita menjuju jurang kehancuran. Tak jarang tatkala kita sakit justru ibadah, kerja dan upaya kita membantu orang lain menurun. Berbarengan dengan itu pula, kita jadi pemalas, pemarah dan lupa berdzikir kepada-Nya. Di saat inilah sebenarnya iman dan Islam kita diuji, apakah tatkala sakit kita masih menjadi orang yang sayang kepada istri, anak, tetangga, sahabat kita? Apakah ketika sakit kita tetap mampu beribadah dan bekerja sebagaimana kita sehat?

Sakit merupakan sesuatu yang biasa, alamiah. Karena itu tak perlu ditakuti dan dicemaskan. Justru ketika sakit datang, kita harus menyambutnya dengan rasa suka cita. Lewat sakitlah Sang Pencipta sakit berkehendak mendidik kita untuk jadi orang yang lemah lembut, peduli dengan yang lain, banyak berdzikir, hidup sederhana dan selalu siap dengan kubur (sakaratul maut).

Sang Khaliq sendiri sangat mencintai terhadap hamba-hamba-Nya yang selalu sabar dan tabah dalam derita dan sengsara. Karena mereka yang berani mengalami penderitaan dan kesengasaraan hidup berarti mereka telah siap berjuang dengan sesungguhnya.

Banyak kisah indah yang perlu kita teladani dalam hidup ini ketika mengahadapi derita. Bukankah para Nabi hidup penuh dengan derita pisik dan psikis (mental)? Bukankah mereka yang paling dahsyat mendapat intimidasi dari kaumnya sendiri? Nabi Nuh As dicerca, dicemooh kaumnya, Nabi Ibrahim dibakar oleh raja Namrud dan diusir ayahnya, Azar dan Nabi Muhammad Saw dilempari kotoran, dicerca, dihina dan diusir kaumnya?

Alangkah agungnya para kekasih Allah itu. Kendati mereka mengalami cercaan, hinaan hidup, mereka tetap menjadi manusia yang mulia; bersabar, tetap banyak ibadah, dan selalu berdzikir kepada Allah.

Rasulullah Saw. telah memberi kabar gembira bagi mereka yang tetap sabar dan tabah saat ditimpa sakit, musibah ataupun derita lainnya. Bagi mereka adalah ampunan dari-Nya atas dosa-dosa yang dilakukannya?Tidaklah musibah, penyakit, kesengsaraan, kesedihan dan rasa sakit menimpa seorang muslim, bahkan sampai duri yang menusuknya, melainkan dengannya Allah akan mengampuni kesalahan-kesalahannya?

Orang-orang yang bersabar dengan penderitaan sebagai hamba-hamba-Nya yang memperoleh kebajikan. Mereka inilah orang-orang yang benar imanya (karena telah teruji) dan mereka inilah kelompok muttaqien yang sesungguhnya. Sakit adalah batu ujian bagi kita untuk menaikan derajat kita ketingkat yang lebih tinggi lagi. Dengan sakit kita akan tahu bawa sehat itu adalah nikmat yang tida bandingannya dan kita tidak akan pernah lagi menyia-nyaiakan nikmat sehat dengan berbuat sekehendak kita, berbuat dosa dan menyengsarakan orang lain.

Entry filed under: Al-Islam. Tags: , , , .

Zikir dan Perubahan Sikap Hidup Hati-Hati Terhadap Bahan Makanan Berformalin

3 Komentar Add your own

  • 1. ♥ria♥  |  22 Januari, 2010 pukul 2:55 pm

    iyah bener bgt sakit bisa melatih kesabaran kita
    huhuhu kebetulan kmaren2 aku baru abis sakit cukup lama wah rasanya ga karuan hehehe

    Balas
  • 2. ina  |  27 Januari, 2010 pukul 10:16 am

    dgn sakit kita akan lebih mengerti,… jika kita di kala sehat adalah nikmat yang seharusnya kita syukuri…
    nice posting kag…

    makasih dah pasang link ina kag…🙂

    Balas
  • 3. SH Terate Pandu  |  29 Januari, 2010 pukul 11:21 am

    Masa sakit dinikmati Om?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: