Bila Anak Dirawat Di Rumah Sakit

18 Januari, 2010 at 4:25 pm 1 komentar

Dirawat di rumah sakit bisa menjadi momok dan pengalaman yang mengerikan bagi anak-anak maupun kita sendiri. Kita seringkali mengalami hal-hal yang tidak menyenagkan selama di rumah sakit, mulai dari lingkungan rumah sakit yang asing, serta pengobatan maupun pemeriksaan yang kadang kala menyakitkan bagi si anak. Oleh karena itu, orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilik rumah sakit yang terbaik bagi buah hatinya. Adapun hal yang perlu dipertimbangkan tersebut adalah:

  1. Biaya, merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan orang tua dalam memilih sebuah rumah sakti. Jika biaya tidak menjadi soal, orang tua bisa memilih rumah sakit manapun yang sesuai dengan kinginannya, akan tetapi jika biaya menjadi masalah orang tua perlu mempertimbangkan faktor biaya dalam memilih ruang, dan kelas dari rumah sakit yang akan dipilihnya. Namun demikian, orang tua tidak boleh mengabaikan segi kenyamanan, dan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang akan dipilih tersebut.
  2. Rumah sakit yang dekat dengan rumah, atau kantor akan lebih praktis bagi orang tua untuk mondar mandir dari rumah ke rumah sakit.
  3. Perlengkapan medis yang tersedia, seperti adanya ruang ICU, ruang operasi, laboratorium, bank darah, dan perlengkapan yang sesuai dengan penyakit yang diderita anak
  4. Reputasi rumah sakit yang dituju. Hal ini dapat diketahui dari cerita orang lain yang pernah menggunakan jasa rumah sakit tersebut, apakah pelayanan yang diberikan menyenangkan, ruang bersih, dan faktor lainnya.
  5. Jam berkunjung tamu perlu diperhatikan oleh orang tua, untuk melihat apakah rumah sakit tersebut memberlakukan jam berkunjung tertentu atau tidak.
  6. Apakah rumah sakit tersebut memperbolehkan orang tua menuggu anak selama 24 jam?

Tidak semua rumah sakit memberbolehkan orang tua untuk menunggui anak yang sedang dirawat selama 24 jam, atau karena pertimbangan penyakit tertetu anak harus diisolasi di ruang tersendiri. Kondisi seperti ini seringkali membuat anak menjadi rewel, apalagi jika ia masih kecil. Hal yang perlu dilakukan oleh orang tua jika mengalami kondisi seperti ini adalah:

  1. Sebelum meninggalkan anak, sebaiknay ada perawat bersama kita. Yakinkanlah pada diri anak bahwa ada prawat yang menjaga dan siap menolongnya setiap saat bila ia memerlukan bantuan
  2. Hindari perasaan ragu bila kita memang sudah pamit untuk pulang pada anak, ternyata anak masih membaca dari wajah kita perasaan ragu sehingga anak akan menjadi khawatir
  3. Kunjungi anak setip ada kesempatan untuk memberikan support sehingga proses kesembuhan dapat lebih cepat
  4. Jika anak yang dirawat adalah bayi yang masih menyusui, orang tua harus lebih sering tinggal dirumah sakit

Rasa trauma, khawatir yang berlebihan,takut dan perasaan tidak nyaman akan makin memperlama proses peyembuhan pada anak. Ciptakan suasana senyaman mungkin sehingga anak merasa dilindungi oleh orang tua. Ada yang mau menambahkan?

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Parenting. Tags: , , , , .

Studi Kelayakan Bisnis: “Risiko Investasi” Ketika Dosa Kita Sedalam Samudra

1 Komentar Add your own

  • 1. bundadinda  |  19 Maret, 2010 pukul 8:29 am

    saat Anakku dirawat dengan fasilitas yang kurang memadai, aku pun merasa was was dan tidak nyaman, ternyata ikatan batin ibu dan anak sama. Anak pun sudah tidak lagi nyaman dan ingin keluar terus dari kamarnya. akhirnya pulang paksa dan dirawat di rumah saja. Alhamduillah sembuh dengan perawatan yang baik oleh orang tua.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: