Penyakit Jantung: “Pengobatan dan Cara Pencegahannya”

24 November, 2009 at 3:40 pm 12 komentar

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Dibanyak negara, termasuk Indonesia penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu. Sudah sering kita dengar seseorang meninggal mendadak karena penyakit yang berhubungan dengan organ terpenting tubuh ini. Persentase kematian akibat penyakit ini di negara berkembang terutama Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa penyakit ini kini sudah menjadi epidemi global tanpa mengenal perbedaan jenis kelamin, batas geografis dan sosial ekonomi.

Gejala serangan jantung umumnya adalah tiba-tiba dada terasa nyeri, seperti tertekan atau tertindi beban berat, terutama di bagian dada kiri, lengan kiri, leher kiri, rahang dan telinga kiri, bahkan kadang sampai ke ulu hati. Rasa nyeri dada yang khas di atas disebut sebagai angina pectoris. Nyeri pada angina pectoris terjadi akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan oksigen jantung dan penyediaan oksigen. Dengan kata lain nyeri timbul akibat kurangnya masukan oksigen untuk jantung (iskemia jantung) akibat penyumbatan pada arteri koronaria, sedangkan jantung tetap membutuhkan oksigen. Minimnya oksigen untuk jantung akan mengakibatkan kerusakan otot jantung secara permanen. Makin luas kerusakan otot jantung makin parah gejalanya. Kematian secara mendadak bisa terjadi akibat terjadinya gagal jantung dimana jantung berhenti karena tidak bisa memompa darah.

Pada prinsipnya pengobatan penyakit jantung ditujukan agar terjadi keseimbangan antara kebutuhan oksigen jantung dan penyediaannya. Aliran darah melalui arteri koronaria harus kembali ada dan lancar untuk jantung. Suplai darah dan oksigen harus dinormalkan lagi. Bila belum parah, penderita penyakit jantung harus beristirahat bekerja. Pengobatan harus segera dilakukan untuk mengurangi gejala dan kambuh mendadak. Pada keadaan yang lebih parah, penderita harus dioperasi u ntuk melebarkan kembali pembuluh darah yang menyempit, arteri koronaria yang tersumbat.

Pola hidup sehat pun harus diterapkan untuk mengurangi resiko serangan jantung mendadak. Tidak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh yang tinggi, berhenti merokok, mengurangi berat badan dan mengurangi tingkat stress, sering berolahraga untuk membakar lemak, adalah tindakan yang harus segera diambil agar penyakit jantung tidak kambuh lagi.

Jika serangan jantung menyerang langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh penderita penyakit jantung adalah:

  1. Kenalilah gejala-gejala tersebut apakah terjadi nyeri dada, sesak napas, ataupun jantung berdebar.
  2. Hentikan segera semua pekerjaan apa pun yang sedang Anda lakukan lalu duduk atau berbaringlah sembari menarik napas dalam-dalam.
  3. Jika Anda sendirian sementara gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit segera hubungi nomor telepon darurat setempat dan katakan Anda terkena serangan jantung. Atau hubungi orang di sekitar Anda dengan memberikan informasi yang sama.
  4. Jika ada yang bisa mengantar Anda ke rumah sakit lebih cepat daripada kedatangan paramedis, segeralah minta bantuannya pergi mengantar Anda ke ruang gawat darurat di rumah sakit. Lebih cepat ditangani akan lebih baik.
  5. Namun jika Anda menunggu tim paramedis datang, maka sementara menunggu, Anda dapat melonggarkan pakaian yang ketat, termasuk ikat pinggang atau dasi. Buat diri dalam posisi yang terasa nyaman.
  6. Tetaplah tenang, tidak soal Anda korbannya atau penolongnya. Kepanikan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya aritmia atau penyimpangan irama jantung yang mengancam kehidupan.

Untuk mereka yang belum terkena penyakit jantung namun menganut pola makan buruk, harus segera merubah sikap agar tidak terkena penyakit jantung. Gaya hidup sehat adalah pola hidup terbaik untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Sebab bila sudah terkena, maka biaya pasti akan membengkak untuk mengobatinya.

Tips bagi yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah sebagai berikut.

  1. Terapkanlah pola makan yang sehat, pola makan yang buruk dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit jantung Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.
  2. Berhentilah merokok, karena merokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung kita.
  3. Hindari stres. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
  4. Hipertensi, Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  5. Obesitas, Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  6. Olah raga secara teratur, Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.

Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

Sayangilah jantung kita, karena jantung merupakan organ kita yang memiliki fungsi sangat vital. Segeralah konsultasi dengan dokter jika muncul masalah pada jantung kita.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , , .

Studi Kelayakan Bisnis: “Aspek Teknis dan Operasi” Tips Mengatasi Anak Malas Sekolah

12 Komentar Add your own

  • 1. efie kartika / rusli  |  4 Maret, 2014 pukul 10:58 pm

    sy juga ingin penjelasan yang detail, IBU saya menderita penyakit jantung sepertinya parah karena nafas sesak kalau berjalan sekitar 3 mtr, kaki bengkak dan ada luka, sering mengompol malam hari, pernah jatuh dan sulit berjalan sendiri, untuk pub keras kencing terkadang susah, hrs minum lasik baru lancar kencingnya, minta infonya pengobatannya hrs bgm? penyakit jantungnya sdh sampai tahap apa ya ? dokter siapa yang hrs yang datangi, domisili tangerang karawaci pernah berobat ke dokter spesialis jtg di honoris, tetapi terapi obatnya membuat ibu saya mual dan muntah2 serta pusing. dan terkulai lemas. terimah kasih

    Balas
  • 2. Rini juarsih  |  27 Maret, 2014 pukul 9:29 pm

    Rini juarsih, sya jga ingn penjelasan.. sekitar 2 hr yg lalu .. Pda siang hr, sya merasakan nyeri yg sangat skt, pda dada kiri sya.. Sbelum nya dl pernh sakt nyeri itu, tp akhr2 ini, sya sering merasakn nyeri itu.. Dan tbuh sya terasa lemah.. Lengan kiri sya jg terasa pegal, Mhon di jelaskan.. Trima ksh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 947,366 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: