Serba-Serbi Penyakit Prostat: Mimpi Buruk Bagi Kaum Adam

31 Oktober, 2009 at 3:53 pm 2 komentar

prostatKangker prostat merupakan penyakit yang lazim diderita oleh kakum laki-laki layaknya kangker leher rahim yang menjadi mimpi buruk bagi kaum hawa. Prostat merupakan Prostat adalah kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi jantan pada semua makhluk menyusui. Fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani.

Pembesaran prostat merupakan gejala umum yang diderita kaum lelaki pada usia di atas 50 tahun. Pembesaran terjadi di bagian tengah dari kelenjar prostat yang mengelilingi saluran kencing (uretra). Pembesaran kelenjar prostat yang berkelanjutan dapat mengarah ke tahap yang lebih serius yaitu sampai pada kanker prostat. Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Dewasa ini, penyakit yang diakibatkan dari membengkaknya kelenjar prostat ini dari hari ke hari menunjukan grafik yang terus meningkat dan berujung pada kematian.

Dalam kenyataannya, penyakti yang diakibatkan dari pembengkakan kelenjar prostat ini terbagi menjadi tiga kelompok yaitu:

  1. Pembesaran prostat jinak, Gangguan ini merupakan kondisi pertumbuhan kelenjar prostat yang berlebihan. Secara umum terdapat dua faktor utama yang memengaruhi penyebab gangguan ini, yakni bertambahnya usia dan berfungsinya sel leydig pada testis sebagai penghasil hormon androgen utama, yaitu testosteron. Perubahantestosteron menjadi ehidrostestosteron (DHT) di dalam sel prostat menjadi faktor masuknya DHT ke dalam inti sel prostat yang dapat menyebabkan inskripsi pada RNA, sehingga terjadi pembentukan protein yang menyebabkan sel prostat bertambah banyak. Gejala yang umum dialami pada penderita pembesaran prostat jinak adalah pancaran kencing lemah, kencing tak lampias, kencing terputus-putus, saat mulai kencing lama, sering kencing, kencing harus terburu-buru, ngompol atau kencing menetes, kencing di malam hari lebih dari dua kali.
  2. Radang prostat, Radang prostat dapat terjadi seketika serta bersifat akut atau kronis Lebih dari 35persen pria berumur 50 tahun ke atas menderita radang prostat. Hal ini paling umum pada pria yang mengalami radang saluran kemih secara berulang-ulang. Pada beberapa orang, sering dijumpai rasa sakit sewaktu ejakulasi ketika berhubungan seksual, adanya darah di dalam sperma, dan fungsi seksual mengalami penurunan.
  3. Kangker porstat. Kanker menyerang kelenjar prostat, sehingga sel-sel tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Kanker prostat dibagi menjadi dua golongan besar, yakni kanker yang masih terbatas dalam organ prostat (kanker dini) dan yang sudah menyebar keluar prostat, baik ke organ sekitar maupun metastasis (penyebaran) jauh (kanker lanjut).

Mengetahui makanan yang baik atau yang tidak boleh dikonsumsi pada penderita prostat merupakan kunci dalam mengatasi penyakit ini. Dikutip dari Askmen, Jumat (2/10/2009) makanan yang paling baik dikonsumsi oleh penderita prostat yaitu: 1) Tomat, 2) Brokoli, 3) Kedelai, dan 4) Flax (rami) yang dipercaya kaya akan kandungan omega 3.

Selain rajin makan-makanan di atas, mulai perbaiki pola makan dengan cara menurunkan kadar kolesterol, kurangi asupan lemak (seperti daging merah, produk susu, dan goreng-gorengan), perbanyak makan sayuran, perbanyak asupan seng (banyak terdapat pada, biji-bijian, bekatul, dan polong-polongan), batasi makanan yang sangat merangsang, jangan biasakan duduk terlalu lama, jangan menahan kencing, hindari minum yang terlalu banyak setelah gelap (akan mengganggu tidur anda), berendam dalam ari hangat dan rajinlah berolah raga.

Penyakit prostat bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, akan tetapi jika penangananya terlambat akan berakibat fatal bagi penderida. Segeralah konsultaiskan dengan dokter apabila dari kita ada yang diindikasikan terserang penyakit prostat.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , .

Studi Kelayakan Bisnis: “Aspek Pasar dan Pemasaran” Peran Informasi Dalam Kualitas Produk dan Jasa

2 Komentar Add your own

  • 1. eti  |  13 Maret, 2012 pukul 5:16 pm

    bapa saya tidak bisa kencing setelah diperiksa ke dokter ternyata menderita penyakit prostat, langsung sy bw ke rumah sakit saat itu jg tim medis melakukan tindakan dengan di pasang selang supaya air kencing keluar, setelah 1 minggu selangnya dibuka tpi blm ada perubahan, bapa saya minta selang nya dipasang kembali. gimana sebaiknya ya

    Balas
  • 2. Anonim  |  9 Juli, 2012 pukul 7:41 am

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi para penderita prostat.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: