Tips Berjabat Tangan Yang Efektif

18 Oktober, 2009 at 10:17 pm Tinggalkan komentar

jabat tanganBerjabat tangan merupakan kebiasaan yang tidak dapat kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berjabat tangan kita dapat makin mempererat persaudaraan dan menghangatkan suasana. Selain itu, berjabat tangan merupakan rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia usaha untuk makin memperbanyak kolega dan relasi bisnis kita. Mungkin kita seringkali berfikir untuk tidak berpanjang-panjang dalam berjabat tangan, akan tetapi tidak dengan orang yang sedang kita ajak berjabat tangan.

Sikap kita pada saat berjabat tangan sebagian besar mencerminkan kepribadian kita serta akan menciptakan suatu kesan tentang diri kita. Tidak ingatkah kita betapa kesalnya bila kita berjabat tangan dengan orang yang memberikan jabatan begitu lemah lunglai atau bahkan sebaliknya terlalu bersemangat. Jangan sampai kita memiliki kesan yang tidak baik pada saat berjabat tangan. Berikut teknik yang dapat kita gunakan pada saat berjabat tangan.

  1. Tataplah mata lawan bicara kita pada saat kita berjabat tangan. Tidak ada yang lebih mengacuhkan selain jabat tangan tanpa tatapan mata. Hal tersebut menunjukan rasa tidak hormat atau tidak tertarik dengan lawan bicara kita. Tataplah lawan bicara kita dengan sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan. Dengan menatap lawan bicara kita saat berjabat tangan akan makin menumbuhkan keyakinan dan rasa percaya diri.
  2. Berjabat tanganlah dari telapak ke telapak (bagi selain muslimah), bukan berjabat tangan dengan mempertemukan jari ke jari. Dengan berjabat tangan dari telapak ke telepak akan memberikan perasaan bersahabat dan tidak meninggalkan perasaan tidak nyaman dan terluka bagi lawan bicara kita.
  3. Jangan terlalu akrab sebab beberapa orang tidak suka dengan hal ini. Beberapa orang seringkali bertindak berlebihan dengan menarik tangan lawan dan secara keras mengayunkannya ke atas ke bawah. Jabat tangan semacam ini sama dengan “bermulut besar”. Bersikaplah percaya diri dan jangan membuat orang lain menjadi kesal dengan diri kita.
  4. Sadarlah dengan keterbatasan fisik seseorang. Orang yang telah lanjut usia, catat atau atau penderita penyakit tertentu mungkin memiliki tulang yang lemah dan memiliki keterbatasan gerak. Melukai seseorang pada saat berjabat tangan akan menutup pintu persahabatan kita dengan mereka.
  5. Ingatlah untuk menciptakan jabat tangan yang bermakna. Jika kita berjabat tangan kemudian sesegera mungkin menariknya kembali serta melanjutkan pembicaraan seolah-olah tidak terjadi apa-apa, maka orang akan mengaggap jabat tangan kita sebagai jabat tangan yang tidak berarti dan tidak tulus.

Tunjukanlah rasa hormat dan perhatian kita kepada sahabat, kenalan, kolega atau teman kita dengan jabat tangan yang bermakna. Jabat tangan merupakan awal dalam menjalin persahabatan sejati yang penuh makna.

Entry filed under: Humanity. Tags: , , , , .

Kenalilah Gejala Semangat Kerja Yang Rendah dan Cara Mengatasinya Sistem Informasi Manajemen: Suatu Pengantar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 947,371 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: