Menjaga Kondisi Anak Tetap Prima Selama Berpuasa

16 September, 2009 at 5:58 pm Tinggalkan komentar

puasasehatMengenalkan anak untuk melakukan amal ibadah yang wajib maupun sunah sejak usia dini merupakan cara yang bijak untuk membentuk sikap mental positif pada anak tersebut. Anak yang dibiasakan melakukan ibadan sejak dini, akan memiliki rasa tanggung jawab, percaya diri, rela berkorban, dan tidak sombong serta tidak angkuh.

Seorang anak yang dibiasakan menabung dan bersedekah sejak usia dini cenderung akan memiliki sikap tidak boros dan memiliki rasa kepedulian kepada orang yang kurang mampu yang tinggi setelah dewasa kelak dikemudian hari.

Ramadhan merupakan bulan pembinaan diri. Oleh karena itu, ramadhan merupakan bulan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah anak. Jika pada bulan lain kita mengajak anak sholat ke masjid dalam sehari mungkin hanya satu atau dua kali, maka pada bulan ramadhan ini kita harus sering mengajak anak, bahkan harus mendorongnya untuk mengikuti sholat tarawih di masjid.

Banyaknya aktivitas anak seperti melakukan puasa, shalat tarawih, shalat subuh berjamaah, mengikuti kultum habis sholat subuh, Sanla di bulan ramadhan tentunya akan sangat menguras energi anak. Oleh karena itu, melakukan berbagai upaya untuk menjaga kebugaran anak selama menjalankan ibadah puasa merupakan hal yang teramat penting untuk dilakukan. Seorang anak yang sehat, memiliki tubuh yang bugar tentunya akan memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan berbagai macam aktivitas selama bulan ramadhan.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan orang tua untuk menjaga kebugaran anak selama berpuasa, yaitu:

  1. Beri penjelasan yang tepat mengenai keutamaan ibadah dibulan ramadhan kepada anak. Jelaskan pula apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama bulan ramadhan.
  2. Ajari anak berpuasa secara bertahap. Tingkatkan lamanya puasa setiap harinya secara bertahap.
  3. Cipatakan kegiatan yang produktif dan menarik untuk mengisi bulan ramadhan agar anak tidak merasakan lamanya waktu berpuasa.
  4. Agar anak bersemangat menjalankan ibadah puasa undanglah teman atau sanak famili untuk buka puasa bersama.
  5. Untuk menjaga kesehatan fisik anak penting kiranya bagi ibu untuk mengatur menu makanan yang sehat bagi anak.
  6. Makan sahur, yang perlu diingat adalah anak tidak perlu makan sebanyak-banyaknya. Makanlah seperlunya, karena akan secara otomatis tubuh memiliki mekanisme pengaturan selama berpuasa.
  7. Saat berbuka, awali dengan makan tiga buah kurma, atau buah kering. Tubuh memerlukan gula secepatnya setelah berpuasa.
  8. Makan malam, konsumsilah daging atau ikan sebanyak satu aatau dua porsi (1 atau 2 ons). Tahu, tempe atau kacang-kacangan sebanyak satu atau dua potong. Golongan ini akan memberikan sumber portein nabati dan hewani serta serat yang baik bagi kesehatan anak.
  9. Diantara waktu berpuasa dan tidur, anak dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menghindari terjadinya dehridasi.

Kesembilan hal di atas mungkin bukan hal yang baru bagi teman-teman semua, akan tetapi semoga hal di atas bisa menjadi suatu bahan pengingat dan rujukan bagi kita semua.

Selamat menjalankan ibadah puasa, puasa bukan berarti merupakan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Puasa merupakan media untuk meningkatkan produktifitas dan kinerja kita sebagai umat muslim.

Entry filed under: Parenting. Tags: , , , .

Lailatul Qadar, Malam Teristimewa Di Bulan Ramadhan Kenalilah Gejala Semangat Kerja Yang Rendah dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2009
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: