Obesitas Sumber Penyakit

29 Juli, 2009 at 5:19 pm 6 komentar

obesitas1Dahulu kala, ketika kita bertemu dengan sahabat lama yang berubah menjadi gemuk, kita akan menyebut dia makmur. Akan tetapi saat ini pandangan itu telah berubah 180 derajat. Hal ini dikarenakan gemuk selalu menimbulkan estetika yang tidak nyaman.

Obesitas adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan dan fungsi lainnya. Rata-rata wanita memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan adalah sekitar 25-30% pada wanita dan 18-23% pada pria. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% dianggap mengalami obesitas.

Perhatian tidak hanya ditujukan kepada jumlah lemak yang ditimbun, tetapi juga kepada lokasi penimbunan lemak tubuh. Pola penyebaran lemak tubuh pada pria dan wanita cenderung berbeda. Wanita cenderung menimbun lemaknya di pinggul dan bokong, sehingga memberikan gambaran seperti buah pir. Sedangkan pada pria biasanya lemak menimbun di sekitar perut, sehingga memberikan gambaran seperti buah apel. Hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang mutlak, kadang pada beberapa pria tampak seperti buah pir dan beberapa wanita tampak seperti buah apel, terutama setelah masa menopause. Seseorang yang lemaknya banyak tertimbun di perut mungkin akan lebih mudah mengalami berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan obesitas. Mereka memiliki resiko yang lebih tinggi.

Cara mudah untuk melihat seseorang gemuk atau tidak dapat dilihat dari Indeks Masa Tubuh (IMT). Indikator ini telah dipakai oleh WHO dan institusi-institusi kesehatan lainnya untuk melihat gemuk tidaknya seseorang. IMT (body mass index/BMI) dapat dihitung dari berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat. Misalkan seseorang denga berat badan 63 kg dan tinggi 1,80 m, maka IMT dari orang tersebut adalah 19,4.

Menurut WHO berat badan disebut ideal atau gemuk bila memenuhi kriteria:

  • Normal (18,5 – 22,9)
  • Kurang (< 18,5)
  • Lebih (> 23)
  • Pra Obesitas (23 – 24,9)
  • Obesitas I (25 – 29,9)
  • Obesitas II ( > 30)

Angka IMT 25 untuk menyatakan obesitas I merupakan angka yang dipakai untuk orang-orang di Asia Pasifik, sedangkan di Eropa angka IMT 25 – 30 masih dikategorikan sebagai pra obesitas. Di Indonesia IMT 23 – 25 sudah menimbulkan berbagai macam penyakit. Resiko penyakit yang ditimbulkan dari IMT > 25 antara lain adalah diabetes dan gangguan fungsi reproduksi.

Kriteria kegemukan dapat juga diukur dari berat badan seseorang. Disebut ideal jika berat badan memenuhi rumus (tinggi badan – 100) x 1 kg. Sementara itu, berat badan disebut idaman jika memenuhi rumus 90% x (tinggi badan – 100) x 1 kg. Cara lain yang dapat digunakan untuk melihat seseorang gemuk atau tidak adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Batas lingkar normal seorang pria adalah kurang dari 90 cm, dan wanita kurang dari 80 cm. Hal ini terkait dengan lemak yang tertimbun diperut. Lemak perut ini merupakan sumber penyakit dan bersesiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Terdapat dua jenis obesitas yaitu obesitas abdominal dan ginoid. Obesitas abnominal biasanya terjadi pada pria. Hal ini tampak dari perut yang membuncit dan celana berada di bawah pinggang. Obesitas abnominal sangat berbahaya karena di perut terletak organ-organ tubuh sehingga lemak ikut dalam proses metabolisme. Sementara itu, obesitas ginoid biasanya menimpa pada wanita yang ditandai dengan menumpuknya lemak pada pantat.

Akibat yang ditimbulkan dari obesitas adalah penyakit-penyakit dari ujung kepala hingga ujung kaki, seperti ateros sklerosis, darah mampet dan tidak bisa mengalir, stroke, gangguan pernafasan, penyakit kandung empedu, gangguan homonal, hiperuri cemia dan gout, tadang tulang dan sendi, kangker, diabetes militus (DM), jantung, dan gangguan kardiovaskuler.

Pada orang obesitas juga akan sering mengalami kesakitan pada kakinya karena menerima beban sebanyak tiga kali berat badan. Mereka biasanya akan menderita radang sendi dan gout. Selain itu obesitas juga dapat menimbulkan gangguan hormonal. Kabar yang lebih buruk adalah lemak dalam tubuh akan mengeluarkan lemak-lemak jahat sehingga dapat mengganggu fertilitas (kesuburan) pada wanita. Salian itu, kematian akibat serangan jantung meningkat pada orang yang obesitas.

Konsumsilah makanan yang sehat dan jaga pola hidup kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit……….

(Dari berbagai sumber)

Tulisan terkait:

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , , .

Berfikir Positif Adalah Pintu Pembuka Hati Obesitas: Penyebab dan Solusi Pengobatannya

6 Komentar Add your own

  • 1. Lintang Sunu  |  3 Agustus, 2009 pukul 10:33 pm

    Berarti jika kita gemuk menjadi sumber penyakit ya? Untungnya kok saya tidak gemuk.

    Balas
  • 2. omyosa  |  16 September, 2009 pukul 2:35 pm

    MACADAMIA NUT OIL
    UNTUK PENDERITA OBESITAS

    Info tambahan untuk menghindari obesitas dan menurunkan berat badan bagi penderita obesitas : Caranya dengan menggunakan MACADAMIA NUT OIL untuk semua pengolahan bahan makanan yang memerlukan minyak goreng seperti : gorengan, tumis sayur, gulai dll.

    MACADAMIA NUT OIL merupakan minyak nabati yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang paling tinggi dan mampu menghancurkan minyak jenuh, yang berasal dari kacang macadamia yang banyak tumbuh di Australia Timur dan Kepulauan Haiti.

    Macadamia Nut Oil yang beredar di Indonesia baru dikonsumsi oleh kalangan terbatas, yaitu komunitas pernderita penyakit jantung dan diabetes.

    Produk ini termasuk cukup mahal harganya, karena masih merupakan produk impor. Tetapi jangan khawatir walaupun harga cukup mahal, penggunaan produk ini sungguh sangat sedikit/hemat.

    Cara penggunaan, bisa untuk bumbu tumis, menggoreng, dan memasak lainnya. Macadamia Nut Oil juga bisa diminum langsung 1 sendok teh setiap selesai makan makanan yang banyak mengandung lemak hewani.

    Silahkan mencoba

    omyosa

    Balas
  • 3. Anonim  |  2 November, 2011 pukul 8:28 pm

    Assalamualaikum..
    TURUN BERAT BADA BISA..
    NAIK BERAT BADAN JG BISA..
    MAU SEHAT DISINI TEMPATNYA
    Info tips hidup sehat.
    Saya Turun 17kg dalam 10 minggu dan perut saya susut 23 cm ,1 thn ini tdk naik2 lg,alhmdlh

    Produk Nutrisi seluler adalah makanan sehat, berkalori rendah dengan nutrisi serta gizi lengkap dan seimbang yang terbuat dari tumbuhan yang dapat membantu:

    Menurunkan berat badan (bisa juga menaikkan) 5 Kg sampai lebih dari 30 Kg (tergantung cara pemakaian, nanti dijelaskan ya ^^)
    Menjaga kestabilan berat badan
    Mengecilkan perut buncit atau lengan bersayap
    Menghilangkan/mencegah selulit
    Meningkatkan stamina & konsentrasi
    Membersihkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi)
    Memulihkan kesehatan (sehabis sakit) dalam masa penyembuhan
    Jadi, Herbalife cocok banget buat Anda yang:

    Merasa gemuk karena keturunan
    Gemuk setelah menikah
    Gemuk setelah melahirkan
    Pegawai kantoran atau pelajar/mahasiswa yang sibuk, sering kelelahan dan kurang konsentrasi
    Dalam masa pertumbuhan (anak-anak yang sulit makan)

    konsultasi dan pemesanan prodak
    hub :
    085 789 118 985
    group fb : INFO SEHAT TURUN BERAT BADAN

    Balas
  • 4. diet rendah Kalori  |  13 Agustus, 2014 pukul 3:05 pm

    diet rendah Kalori

    Obesitas Sumber Penyakit | Knowledge, Motivation and Health

    Balas
  • 5. cara langsing cepat  |  28 September, 2014 pukul 12:37 am

    cara langsing cepat

    Obesitas Sumber Penyakit | Knowledge, Motivation and Health

    Balas
  • 6. Anonim  |  14 Februari, 2015 pukul 10:58 am

    ijin copas ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 947,371 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: