Jangan Pernah Tertidur Untuk Memahami Kehidupan

7 Juli, 2009 at 6:24 pm 8 komentar

slipingKawan, untuk dapat menikmati kehidupan hal terpenting yang perlu kita lakukan dalah SADAR. Inti dari semua kegiatan yang kita lakukan adalah sadar. Tanpa kesadaran hidup ini tidak akan pernah bermakna. Namun pada kenyataanya, banyak dari kita yang hidup dalam keadaan “tertidur”. Sebagian dari kita lahir, tumbuh, menikah, mencari nafkah, mengurus anak, belajar dan akhirnya meninggal dalam keadaan “tertidur”.

Kita seringkali hidup seperti terhipnotis. Kita tahu dimana kita belajar, kitapun paham dimana kita menyimpan harta benda kita, pun kita tahu betul berapa nomor pin tempat kita menyimpan harta kita tersebut, demikian juga anda tahu bahwa ada orang lain yang meminta harta kita tersebut, dan andapun tahu pada saat itu anda menyerahkannya, namun celakanya kita tidak sadar dengan itu semua.

Banyak dari kita hidup bagaikan robot, hidup tanpa jiwa, kita bergerak tanpa kita sadari. Semua tindakan kita telah dikendalikan oleh orang lain, oleh jabatan, uang, harta benda, kedudukan, dan lainnya sehingga mata batin kita buta karenannya.

Menyadari sangat berbeda dengan mengetahui. Kita tahu bahwa merokok itu berbahaya bagi kesehatan kita, namun tiap hari kita tidak pernah berhenti merokok. Kita sadar bahwa korupsi itu berdosa, namun kita tidak pernah meninggalkannya. Kita tahu bahwa suap itu haram tapi kita masih juga melakukannya. Kita seringkali tidak tahan terhadap berbagai godaan yang ada di depan kita. Itulah bukti bahwa kita tahu akan tetapi kita tidak sadar. Kita laksana jasad hidup tanpa norma dan jiwa, kita laksana robot yang jalan hanya dengan dikendalikan oleh nafsu kita.

Kematian mungkin satu-satunya hentakan terpesar yang dapat menyadarkan kita. Coba kita banyangkan seandainya kita sedang khusu melihat pertunjukan musik dari musisi terkenal. Disaat pertunjukan akan mencapai puncaknya, tiba-tiba lisrik padam. Kemudian panitia mengumumkan “Saudara-saudara karena listrik padam maka pertujukan ini dibubarkan, sialhkan anda pulang kerumah masing-masing”. Walau bagaimanapun kerasnya protes kita, panitia hanya mempertegas bahwa “Perutunjukan sudah selesai, listrik tidak akan pernah hidup lagi”. Disaat itulah kita sadar alangkah berharganya keberadaan listrik tersebut bagi sebuah pertunjukan. Demikan halnya kita, disaat kita sedang menikmati masa kejayaan kita, jika ajal sudah mengunjungi kita, kita tidak dapat mengelak lagi, dan kehidupan dunia tidak akan pernah singgah kepada kita lagi.

Hidup seringkali menipu kita. Kita seringkali dininabobokan oleh gemerlapnya keindahan dunia padahal kita masih memiliki tujuan yang lebih tinggi lagi yaitu kehidupan setelah kematian. Untuk dapat bangun kita harus memiliki tiga hal yaitu 1) Siapa diri kita, 2) Darimana diri kita berasal dan 3) Kemana kita akan pergi setelah kita tidak lagi tinggal di bumi ini.

Kawan kita mungkin perlu untuk mengalami kejadian-kejadian yang pahit untuk menyadarkan kita. Namun, masih ada cara yang lebih mudah dan murah untuk membuat kita sadar. Belajarlah mendengar dan mempelajari pengalaman-pengalaman orang lain. Bukalah mata hati kita untuk mendengarkan, melihat dan memperhatikan pengalaman-pengalaman orang lain. Sayangnya, banyak dari kita mendengarkan, belajar, dan mengamati bukan untuk menyadarkan kita, akan tetapi kebanyakan dari kita menggunakan itu semua untuk lebih memperkuat pendapat kita sendiri. Orang-orang seperti inilah yang masih tertidur dan belum sepenuhnya terbangun.

Kawan bangunlah, dengan menyadari bahwa kita hanya sementara di dunia ini. Raga kita hanyalah rumah untuk jiwa-jiwa kita yang pada akhirnya akan kita tinggalkan, untuk menuju kerumah yang lebih abadi. Bagaimana sobat……

Entry filed under: Motivasi. Tags: , , .

Diare: Cara Pengobatan dan Pencegahannya Mengenal Radang Tenggorokan

8 Komentar Add your own

  • 1. KangBoed  |  7 Juli, 2009 pukul 6:31 pm

    Pertamaaaxxxzzzz.. hayoo.. banguuun.. dulu kau datang putih bersih.. raihlah kembali selama di dunia.. jangan lengah temukan FITRAH DIRI dalam Ketenangan Jiwa
    Salam Sayang

    Balas
  • 2. NURA  |  8 Juli, 2009 pukul 9:15 am

    salam sobat,,trims kunjungannya ,,blognya bagus dan ok artikelnya.

    Balas
  • 3. KangBoed  |  8 Juli, 2009 pukul 8:46 pm

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

    Balas
  • 4. minche  |  10 Juli, 2009 pukul 8:54 am

    ya kalau sadar akan kehidupan ini, kalau tidak ??

    Balas
  • 5. Ayruel Chana  |  10 Juli, 2009 pukul 3:07 pm

    Assalamu alaikum

    Allahu akbar….

    Ciri khas seorang mukmin yang saling nasehat menasehati…
    Salam Ya Akhi…
    http://ayruel.wordpress.com/2009/07/09/budayakan-saling-menasehati/

    Tonggak dunia ..INSYA ALLAH kan kembali tegak…
    amiin…
    Wassalam

    Balas
  • 6. adi isa  |  10 Juli, 2009 pukul 3:36 pm

    assalamu alaikum wr.wb

    blog walking,…

    nice blog,…

    salam hangat.

    Balas
  • 7. Suryadi  |  28 Juli, 2009 pukul 7:13 pm

    ya semua yang ada di dalam dunia ini hayanlah belaka…. yang bisa menipu kita….:D

    Balas
  • 8. zigot  |  3 Agustus, 2009 pukul 10:29 pm

    numpang lewat aja…

    sip bro artikelnya…

    bermanfaat bgt

    My XDA Blogspot

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: