Mencegah Gigi Anak Gigis Atau Ompong

21 Juni, 2009 at 2:35 pm 6 komentar

gigiBanyak kita jumpai anak-anak yang masih kecil tapi gigi bagian depan gigis atau ompong. Walaupun gigi anak tersebut masih dapat tumbuh lagi secara alamiah, namuh dilihat dari penampialan dan segi kesehatan dapat membawa dampak yang buruk pada anak tersebut. Seperti kita ketahui bersama bahwa mulut merupakan tempat masuknya makan ke dalam tubuh untuk pertama kali. Gigi yang gigis atau banyak berlubang merupakan tempat yang kondusif bagi berkembangnya kuman atau bakteri yang dapat langsung masuk ke tubuh si anak. Akibatnya adalah akan akan rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Gigi buah hati anda merupakan bagian yang akan terus berkembang seperti anggota tubuh lainnya, meskipun tampak seperti benda keras. Banyak hal yang mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi sehingga tumbuh sehat dan kuat.

Cara yang paling umum untuk memperbaiki kondisi gigi yang gigis tersebut adalah mengurangi konsumsi gula (terutama susu yang merupakan asupan utama anak anda). Tidaklah bijak seandainya kita membiarkan anak kita minum susu (jus) yang manis kemudian di biarkan langsung tidur tampa menggosok gigi. Kebiasaan tersebut lama kelamaan akan menghancurkan gigi anak tersebut.

Anak yang giginya ompong banyak dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi Ibu selama masa kehamilan. Ibu yang sedang hamil seharusnya memperhatikan nutrisi yang dikonsumsinya agar asupan nutrisi dan gisi terhadap janin yang dikandungnya terpenuhi.

Kalsium merupakan asupan yang penting bagi anak untuk memperkuat tulang dan gisi. Dengan memperbanyak makanan dan sayuran yang mengandung kalsium tersebut dapat mencegah gigi anak gigis atau ompong. Apabila anak sudah terlanjur ompong atau gigis, perlu dilakukan manajemn yang baik dari Anda selaku orang tuannya. Anak harus selalu di awasi agar di menyikat gigi dengan benar, membiasakan selalu minum air putih, dan menyikat gigi setelah makan dan setiap makan makanan yang manis.

Hal yang dapat dilakukan Anda sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan gigi buah hati anda adalah:

  • Keluarga dan sekolah merupakan pendidikan awal bagi anak untuk memberikan pengertian tentang pentingnya menyikat gigi
  • Biasakan anak untuk selalu minum air putih setelah makan dan sebelum tidur. Hal ini penting untuk membantu menetralisir kada asam pada mulut. Air minum yang burut sangat berpengaruh terhadap kerusakan gigi.
  • Biasakanlah buah hati Anda untuk menyikat gigi sebelum tidur
  • Biasakanlah buah hati Anda untuk mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi akan berguna untuk membersihkan mulut dan menghasilkan mineral yang baik untuk gigi.
  • Perhatikanlah pemilihan sikat gigi dan odol untuk gigi buah hati Anda. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi pada buah hati Anda. Pilihlah odol yang aman untuk buah hati anda sehingga tidak terjadi hal yang menggangu kenyamanan buah hati anda.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis makanan yang mengandung gula, yaitu 1) Buah dan sayur, serta 2) Makanan yang mengandung glukosa. Buah dan sayur terbukti tidak disukai oleh kuman sehingga tidak membahayakan kesehatan gigi buah hati Anda, sebaliknya makanan yang mengangung glukosa, merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gigi pada buah hati Anda. Gula glukosa banyak terdapat pada makanan seperti permen yang banyak terjual bebas di pasar.

Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan dari makanan yang mengandung glukosa ini adalah dengan membatasi buah hati Anda terhadap konsumsi makanan tersbut.

Jagalah buah hati kita, karena merekalah harta kita yang paling berharga untuk melanjutkan perjuangan kita nantinya.

(Dari berbagai sumber)

Entry filed under: Parenting. Tags: .

Tips Berlibur Bersama Si Kecil Melodi Sebuah Kepercayaan

6 Komentar Add your own

  • 1. Ramz  |  7 Juli, 2009 pukul 4:44 pm

    Mudah – mudahan saya gak telat deh mencegahnya.

    Balas
  • 2. loly  |  11 Juli, 2009 pukul 6:34 pm

    susu termasuk ya, padahal anak seusia anak saya masih mengkonsumsi susu..

    Balas
    • 3. why_snu  |  11 Juli, 2009 pukul 8:28 pm

      ya bundo…..utuk mencegah gigi anak tidak ggis sebaiknya setelah minum susu, putra bundo segera diminta untuk gosok gigi dan perbanyak minum air putih…….mga putra putri bundo sehat selalu x……….

      Balas
  • 4. hector_c  |  4 Agustus, 2010 pukul 11:32 pm

    Gigi anak sya bgn dpn ada spot putih… Apakah masih bisa dicegah supaya tdk gigis?

    Balas
  • 5. sugiharto  |  18 Juni, 2012 pukul 9:52 am

    jika anak 4 tahun sudah terlanjur gigis dan ompong, apa yang harus dilakukan orang tua?

    Balas
  • 6. Anonim  |  17 April, 2013 pukul 6:39 am

    mengcgah gigy 0mp0ng

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 947,366 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: