Mengenal Batu Ginjal

14 Juni, 2009 at 6:55 am 18 komentar

batu ginjalGinjal merupakan organ manusia yang fital dan berfungsi untuk menyaring darah dan semua cariran dalam tubuh manusia. Dengan adanya fungsi ginjal ini, maka kotoran dan zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh tidak sampai menyebar ke semua jaringan tubuh yang ada. Sebagian besar kotoran yang berhasil di saring tersebut akan dikeluarkan dari tubuh bersamaan dengan air seni. Namun sebagian lagi ada kemungkinan yang mengendap dan kemudian berubah menjadi batu ginjal. Jika endapan ini tidak segera dikeluarkan, ia akan menetap di ginjal atau berpindah ke kandung kemih.

Batu ginjal atau yang lebih dikenal dengan “Buah Pinggang” merupakan kejadian dari tumpukan/endapan kristal halus dari beberapa zat kimia. Kimia yang paling sering adalah kalsium oxalat, kalsium pospat dan yang kurang dikenali ialah asid uric, cystine dan magnesiam pospat ammonia. Batu ginjal ini ada yang halus seperti pasir dan boleh jadi sebesar bola golf. Kebanyakkan batu tumbuh membesar dalam ginjal, kemudian bergerak ke bawah ke dalam saluran kencing dimana batu ginjal ini akam menjadi bertambah besar.

Kesulitan akan timbul apabila batu-batu menjadi terlalu besar yang mengakibatkan ganguan pada perjalanan aliran air kencing. Hal ini akan menimbulkan timbulnya berbagai macam penyakit dimana kuman-kuman akan dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh. Gangguan dan penyebaran kuman itu akan mengakibatkan menurunnya fungsi ginjal, jika tidak segera di obati.

Gejala penyakit batu ginjal yang sering ditemui adalah pinggang terasa nyeri dan pegal-pegal, namun terkadang penyakit ini tidak menimbulkan keluhan bagi si penderita. Rasa sakit akan muncul apabila batu merusak jaringan atau terbawa ke saluran kemih hingga menyumbatnya.

Bentuk dan ukuran batu ginjal sendiri sangat bervariasi. Bila batu ginjal agak besar dan menyumbat, sumbatan tersebut dapat menahan air seni. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal yang akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Bila sampai parah, penderita bisa mengalami muntah-muntah.

Pencegahan Dini

Penyakit batu ginjal dapat dicegah sedini mungkin, yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Dengan pola makan yang sehat dan seimbang ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh, sehingga kerja dari sistem tubuh akan semakin ringan. Sebagian orang ada yang hanya mengkonsumsi makanan dari hewan dan sejumlah protein dari tumbuhan. Sementara yang lain, ada yang menjadi vegetarian.

Pola makan seperti itu harus ditinggalkan. Sumber makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan sama-sama penting bagi tubuh. Untuk itu, pola makan yang sehat dan seimbang sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh.

Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, beberapa petunjuk di bawah ini bisa kita dilakukan:

  1. Minum air putih yang cukup, kurang lebih 8 gelas tiap hari. Tujuannya agar menghasilkan air seni yang cukup untuk membilas zat-zat kimia yang mungkin akan mengendap di batu ginjal.
  2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium (susu, telor, daging, dan jeroan) dan mengurangi makanan yang terlalu tinggi mengandung asam urat (kangkung, bayam, kembang kol, dan olahan melinjo).
  3. Seringlah mengkonsumsi buah semangka, sebab buah ini banyak manfaatnya bagi tubuh terutama ginjal. Buah ini sering disebut sebagai pencuci darah alami.
  4. Perhatikan kesehatan gigi, karena gigi yang berlubang atau terkena infeksi bisa berpengaruh pada ginjal.
  5. Jangan memanaskan olahan sayur bayam, sebab ini termasuk salah satu pembentuk batu ginjal.
  6. Jika memungkinkan, konsumsilah air mineral.

Ada beberapa terapi dengan menggunakan obat alami yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit ini, diantaranya:

  1. Minum campuran Habbatus Sauda’ (jinten hitam) dan madu yang dicampur dengan air hangat. Salah satu manfaat Habbatus Sauda’ adalah menghancurkan batu ginjal.
  2. Dapat juga minum ramuan daun-daunan seperti daun Keji Beling, Kumis Kucing, dan Tempuyung. Daun Keji Beling memiliki efek diuretic yang dapat memperlancar aliran kemih karena kandungan kaliumnya. Sementara Kumis Kucing dan Tempuyung dapat membantu menghancurkan batu ginjal sehingga mempermudah pengeluarannya dari dalam tubuh dan menghilangkan penyebab sakit kolik/pinggang.

Bila kita mengidap penyakit ini, segeralah berobat ke dokter agar tidak menjadi parah dan menimbulkan penyakit lain.

(Dari berbagai sumber)

Tulisan terkait:

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Alirkan Kasih Sayang Dengan Memberi Tanpa Pertimbangan Global Distribution

18 Komentar Add your own

  • 1. Lintang Sunu  |  15 Juni, 2009 pukul 4:38 pm

    Wah …. ini baru ilmu Baru Sob…

    Balas
  • 2. adria  |  17 Juni, 2009 pukul 6:04 am

    serem penyakit ginjal

    Balas
  • 3. Ader  |  20 Juni, 2009 pukul 10:08 pm

    serem juga ya pak penyakit ginjal!! dikaitkan dengan bahasan tentang jodoh sepertinya
    lebh serem lagi kalau wanita idaman kita bukan jodoh kita!!
    aduh jangan sampe deh (sambil pegang dagu)

    Balas
  • 4. Ader  |  20 Juni, 2009 pukul 10:10 pm

    seram banget ya pak penyakit ginjal!! kalo dikaitkan dengan bahasan jodoh lebih menyeramkan lagi kalo wanita idaman kita bukan jodoh kita waduh………………..jangan sampe deh( sambil pegang jidat) *_^

    Balas
    • 5. why_snu  |  20 Juni, 2009 pukul 10:24 pm

      yoi……….gmana dh nemu kan belahan jiwax……e..bkan blahan jiwa dh….lo blahan jiwa kn bahanya…..orang y d idam2 kan gitu…….

      Balas
      • 6. Ader  |  20 Juni, 2009 pukul 10:27 pm

        belum nih…..masih dalam tahap pencarian!! he he…tapi udah lama nih nyari” tapi kagak dapat” mulu apa yang salah or karena faktor apa ya??? bisa kasih masukan( sambil isep rokok)*_^

        Balas
    • 7. why_snu  |  20 Juni, 2009 pukul 11:02 pm

      fktornya mkin karena kurang niat ma berusaha ja…….cba dh niatnya dikuatin……..psti akan dpat…..

      Balas
      • 8. Ader  |  20 Juni, 2009 pukul 11:07 pm

        iya juga kali ya! tapi menurut kamu materi ikut berperan ga sih dalam pencarian wanita he he!!eia…………. salam kenal ya! sy asli garut yang sedang merantau di bogor, boleh tau profil kamu?

        Balas
        • 9. why_snu  |  23 Juni, 2009 pukul 9:19 am

          g’ jg, hanya sedikit wakinta y memandang cwo hanya dri materi semata, lo nemuin cw kya gitu, mending di tinggalin ja…karena ia bukan sayang ma kamu, tapi hanya syang pd hartamu……):

  • 10. herusutomo  |  21 Juni, 2009 pukul 3:30 pm

    kunjungan balik nih.kebetulan barusan bulan 5 kemarin aku di vonis + sakit batu ginjal.Disuruh operasi.Tp krn kendala dan aku pakai alternatif

    Balas
    • 11. why_snu  |  21 Juni, 2009 pukul 4:49 pm

      salam kenal………mga cepat sembuh sob…….

      Balas
      • 12. yuzu  |  19 Agustus, 2009 pukul 3:02 pm

        salem kenal …………………………………….
        bleh tw ko pake namenxa why_snu?????????????????????

        Balas
  • 13. herusutomo  |  23 Juni, 2009 pukul 8:22 pm

    kunjungan balik

    Balas
  • 14. nona nano  |  24 Juli, 2009 pukul 2:05 pm

    boleh copypaste artikelnya dong..buat referensi.
    makasih sebelumnya…

    Balas
    • 15. why_snu  |  24 Juli, 2009 pukul 7:01 pm

      ya mba…….silahkan saja………sy akan sangat senang klu sya bisa berbagi dg temen2 y lain……..

      Balas
  • 16. yuzu  |  19 Agustus, 2009 pukul 2:58 pm

    boleh gaaaaaaaa ?????????????????
    print nie artikel ?????????????
    boet tuegasssss beolozi ???????????

    Balas
  • 17. yuzu  |  19 Agustus, 2009 pukul 3:00 pm

    mantaaaaaaaaaaaaaaapppppppppppvvvvvvvvvvvvvvv
    syyyyyyyyyyyyyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuper
    thanx yaaaa
    bueat artikel nie
    nilai bio gue ga anlllllooik

    Balas
  • 18. document imaging outsourcing  |  19 Juni, 2013 pukul 4:51 pm

    I rarely leave a response, however i did a few searching and wound up here
    Mengenal Batu Ginjal | Knowledge, Motivation and Health.

    And I actually do have 2 questions for you if it’s allright. Is it simply me or does it give the impression like a few of the remarks look like they are written by brain dead visitors?😛 And, if you are posting at additional online social sites, I’d like to keep up with everything fresh
    you have to post. Would you make a list of the complete urls of all your public sites like your linkedin
    profile, Facebook page or twitter feed?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: