Trik Jitu Atasi Si Pengganggu

1 April, 2009 at 9:58 am Tinggalkan komentar

pengganggu-kerjaSetelah anda memasuki dunia kerja yang syarat akan persaingan, sudah dapat dipastikan anda akan menjumpai orang-orang yang tidak suka terhadap anda, bahkan mungkin akan memusuhi anda. Ada sebagian mungkin malah menyebabkan anda sebal, BT seharian sehingga kinerja anda akan sangat terganggu. Hal tersebut kalau terus dibiarkan berlarut-larut ujung-ujungnya kinerja anda akan merosot, prestasi kerja akan terganggu pada akhirnya kesempatan promosi jabatan pun musnah, yang lebih parah anda di kelurkan dengan tidak hormat dari perusahaan.

Bagaimanakah tips untuk menghadapi rekan sekantor yang seperti itu? Langkah awal yang perlu kita lakukan adalah mengenali bebarapa tipe rekan kerja yang harus anda jauhi, yaitu:

  1. Teman yang berbisa, anda harus hati-hati dengan teman tipe ini. Lidahnya bisa lebih panjang dari lidah komodo, jika anda salah ucap atau ada kejengkelan yang pernah andaceritakan padanya maka itu bisa menjadi boomerang untuk anda sendiri. Ciri-cirinya: biasanya ia bermulut manisdan selalu menampakan perhatian yang berlebih di depan Anda, sehingga Anda terlena dan menganggap Ia sebagai teman sejati. Padahal dibelakang ia membicarakan Anda habis-habisan, atau justru kejengkelannya sendiri dilimpahkan pada Anda pada saat ia membicarakan hal tersebut. Sebaiknya, jika anda sudah terlanjur bertemu orang seperti ini berpura-puralah Anda sibuk. Jika Anda bisa menghindarinya dengan kegiatan berpura-pura, sedikit demi sedikit Ia akan menjauh dan mencari mangsa lain. Jangan pernah gunakan kata-kata kasar untuk mengusirnya, karena selain berbahaya Ia juga teman Anda yang setiap hari bertemu dengan Anda.
  2. Teman yang memboikot ide. Teman tipe ini akan selalu memboikot ide-ide anda di hadapan BOS anda, sebagus apapun ide anda, atau mungkin ide yang pernah anda bicarakan dengannya Ia simpan yang dikemudian hari akan ia utarakan pada BOS sehingga seolah-olah itu ide darinya dan anda tertinggal selangkah di belakang. Berbahanya bukan? Cara menghindarinya adalah Anda jangan terlalu akrab dengannya,dan jangan biarkan ia mengetahui kekurangnan yang Anda miliki. Usahakan anda dapat mengatasi masalah anda  dengan solusi yang positif.
  3. Si pemanfaat situasi. Tipe rekan kerja seperti ini bisa mempengaruhi anda dengan cara halus. Ia tidak akan mengambil ide cemerlang anda dan memberitahukan pada atasan. Biasanya justru ia akan menjadi partner anda dalam menjalani proyek tertentu. Ketika anda sudah menyusun rencana dengan matang dan tinggal selangkah lagi, tiba-tiba rekan anda menumpahkan ide-idenya yang sebelumnya belum pernah Ia bicarakan. Mulut semanis madu murninya dan aka lebak bulusnya mampu mempengaruhi Anda untuk merubah semua rancana Anda. In finnaly, anda akan merubah semua rancana anda yang sudah hampir 100%….menyedihkan bukan? Cara menghindarinya adalah dengan menolak segala bantuan yang ia tawarkan. Walaupun ia mengatakan akan memberikan apapun yang anda minta, minta berlian sekampung pun bakal ia penuhi kalau ada si………., katakan padanya “Thank you boi…..saat ini saya dapat mengerjakannya sendiri.
  4. Si posesif. Teman yang satu ini tidak akan mencampuri semua urusan anda. Bahkan ia selalu memberikan solusi pada setiap masalah yang anda hadapi. Ia akan reala memberikan bantuan tenaga dan materi layaknya seorang kekasih yang rela gantung diri di bawah pohon kencur demi cinta sejatinya. So…………parahnya teman Anda yang satu ini lengket banget bak prangko di kepak-kepak pake palu oleh Pak Pos. Dimasukin sumur pun belum tentu bisa lepas. Keberadaan kekasih anda sesungguhnya akan membuat ia merasa terganggu….mungkin kalau anda putus dengan kekasih anda, Ia akan menari-nari sepanjang malam dengan menyanyikan lagu melaw-melaw…..Cara menghindarinya adalah sejak awal membina hubungan pertemanan dengan dia di kantor, sebisa mungkin Anda menjalin pergaulan tanpa didasari emosional yang dalam. Anggaplah perbincangan dan tukar pikiran sesama teman dikantor hanya sebatas informasi dasar saja. Jangan pernah ingin tahu lebih dalam…

Seburuh apapun kejadian yang Anda alami di kantor, apapun keadaanya, selalulah berfikir positif untuk menyikapinya. Dengan begitu anda akan membantu diri Anda sendiri tetap fokus pada pekerjaan dan menjadikan Anda menjadi lebih bijaksana dan bijaksini laksana bulan purnama di tengah hutan……….

Bagaimana menurut anda? Adakah pendapat yang lain?

(Disardur dari berbagai sumber)

Entry filed under: Humanity. Tags: .

Komponen Utama Pemasaran Sehari Bersama Ayah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 948,256 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


%d blogger menyukai ini: