Demam Berdarah Dengue: Gejala dan Cara Pencegahannya

30 Mei, 2009 at 10:44 am 3 komentar

DBDMusim hujan seperti sekarang ini merupakan iklim yang sangat kondusif bagi perkembang biakan nyamuk, di tambah lagi dengan pola hidup kita yang jauh dari pola hidup sehat. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). DBD disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypty. Nyamuk ini tidaklah sesahabat namanya, sekali gigit kita bisa langsung tertular DBD. Nyamuk Aedes Aegypt memiliki ciri bergaris belang hitam putih pada tubuhnya (bukan merah putih lho..), dan menggigit pada waktu pagi dan sore hari, kadang kala siang juga……Satu nyamuk dapat menjangkit lebih dari satu orang dalam waktu singkat, dan celakanya kita dapat terjangkit DBD lebih dari satu kali.

Gejala Demam Berdarah

Keluhan dan gejala yang sering dialami oleh penderita DBD yaitu:

  1. Bintik Merah, Seringkali di awal demam, tidak ada bintik merah. Ada beberapa kasus juga yang memang tanpa bintik merah.
  2. Panas Tinggi, Panas bisa turun naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
  3. Menggigil dan terasa ngilu tulang, Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
  4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras, Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah
  5. Trombosit mulai turun, Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.
  6. Sakit saat mata memandang ke samping, Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.
  7. Tengkuk sakit, Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit
  8. Rasa sakit kepala yang parah, khususnya dirasakan di daerah belakang mata, pilek dan flu
  9. Radang pada persendian
  10. Hilang nafsu makan, mual, muntah, dan diare
  11. Letih, lemah, lesu
  12. Pada penderita yang sudah parah biasanya menyebabkan pendarahanpada mulut dan hidung

Sesudah masa tunas / inkubasi yang berlangsung selama 3 – 15 hari, orang yang tertular dapat mengalami/menderita penyakit ini dalam salah satu dari 4 bentuk berikut ini, yaitu:

  • Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
  • Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 – 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.
  • Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung, mulut, dubur dsb.
  • Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok / presyok pada bentuk ini sering terjadi kematian.

Karena seringnya terjadi perdarahan dan syok maka pada penyakit ini angka kematiannya cukup tinggi, oleh karena itu setiap Penderita yang diduga menderita Penyakit Demam Berdarah dalam tingkat yang manapun harus segera dibawa ke dokter atau Rumah Sakit, mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami syok/ kematian.

Cara Pencegahan DBD

Pencegahan dilakukan dengan MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK di sepanjang siang hari (pagi sampai sore) karena nyamuk aedes aktif di siang hari (bukan malam hari). Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan menghindari berada di lokasi-lokasi yang banyak nyamuknya di siang hari, terutama di daerah yang ada penderita DBD nya. Bila memang sangat perlu untuk berada di tempat tersebut KENAKAN PAKAIAN YANG LEBIH TERTUTUP, celana panjang dan kemeja lengan panjang misalnya. GUNAKAN CAIRAN/KRIM ANTI NYAMUK (MOSQUITO REPELLANT) yang banyak dijual di toko-toko, pada bagian badan yang tidak tertutup pakaian.
Awasi lingkungan di dalam rumah dan di halaman rumah. Buang atau timbun benda-benda tak berguna yang menampung air, atau simpan sedemikian rupa sehingga tidak menampung air. Taburkan serbuk abate (yang dapat dibeli di apotik) pada bak mandi dan tempat penampung air lainnya, juga pada parit/ selokan di dalam dan di sekitar rumah, terutama bila selokan itu airnya tidak/ kurang mengalir. Kolam / akuarium jangan dibiarkan kosong tanpa ikan, isilah dengan ikan pemakan jentik nyamuk. Semprotlah bagian-bagian rumah dan halaman yang merupakan tempat berkeliarannya nyamuk, dengan obat semprot nyamuk (yang banyak dijual di toko-toko) BILA TAMPAK NYAMUK BERKELIARAN DI PAGI / SIANG / SORE HARI.

Bila ada salah seorang penghuni yang positif atau diduga menderita DBD, segera semprotlah seluruh bagian rumah dan halaman dengan obat semprot nyamuk di pagi, siang dan sore hari, sekalipun penderita tersebut sudah dirawat di rumah sakit. Hubungi PUSKESMAS setempat untuk meminta fogging di rumah-rumah di lingkungan setempat.

Pencegahan secara massal di lingkungan setempat dengan bekerja sama dengan RT/RW/Kelurahan dengan PUSKESMAS setempat dilakukan dengan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN), Fogging, atau memutuskan mata rantai pembiakan Aedes aegypti dengan Abatisasi.

(Dari berbagai sumber)

Tulisan Terkait:

About these ads

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Letak Kecantikan Wanita Cara Pengobatan Demam Berdarah Dengue

3 Komentar Add your own

  • 1. ina fanu  |  12 Maret, 2011 pukul 5:43 pm

    saya mau konsultasi anak saya terkena DBD problemx pada hari ke 5 tensi normal. suhu badan 36.5 c tapi hasil lep trombositx turun sampai 9. tlng infokan utk cara menaikan trombositx. tks

    Balas
    • 2. why_snu  |  18 Maret, 2011 pukul 1:06 pm

      ibu ina yg budiman………….
      salh satu akibat dri DBD adlh jumlh trombosit yg turun, jika ini tidak sgra diatasi akn berdampak fatal bagi penderita, salah satu cara yg dpt dilakukan utk mengatasinya adalah dg mengkonsumsi jus jambu, segeralah k dokter u mendapatkan pengobatan yg terbaik………

      salam, semoga putra ibu lekas sembuh………..

      Balas
  • 3. sonywinata  |  31 Maret, 2012 pukul 10:36 am

    Artikel yg sangat bermanfaat !

    Anak saya terkena DBD dirawat skrg ini di rumah sakit,tapi saya bantu dengan sari kurma dan Angkak shg kondisi membaik .
    Terima kasih
    Terima kasih

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 746,178 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: