Cara Pengobatan dan Pencegahan Flu Burung

12 Mei, 2009 at 8:46 am 22 komentar

flu burungFlu burung (H5N1) merupakan penyakit jenis influenza yang sampai saat ini belum di temukan obatnya. Cara penyebarannya yang relatif mudah menjadikan penyakit ini cepat menjadi pendemik di suatu wilayah yang jika tidak segera di tanggulangi dapat menyebabkan kematian.

Gejala Klinis

Flu burung (H5N1) memiliki persamaan gejala dengan virus influenza lainnya, termasuk adanya demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala dan nyeri otot. Namun virus flu burung kemungkinan besar dapat mengakibatkan demam yang tinggi, infeksi paru-paru, terganggunya saluran pernapasan, rusaknya bermacam-macam organ tubuh, sampai pada kematian.

Cara Pencegahan Flu Burung

  • Kotoran dari burung atau unggas yang terinfeksi dapat membawa virus flu burung, jadi sebaiknya jangan menyentuh burung, unggas atau kotorannya.
  • Bila anda telah memang burung atau unggas, segara cuci tangan dengan sabun cair dan air.
  • Masak dengan benar unggas dan telurnya sebelum dimakan/dihidangkan
  • Bila anda mengalami gejala flu, konsultasi ke dokter dan memakai masker untuk menghindari penyebaran penyakit.
  • Perlindungan terbaik terhadap influenza adalah dengan memiliki pertahanan tubuh yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan diet yang seimbang, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, kurangi stress, dan tidak merokok. Hindari tempat umum padat yang bersirkulasi udara buruk
  • Bila anda mengalami gejala demam dan pernafasan setelah kembali dari negara yang dilaporkan ada wabah flu burung, konsultasi ke dokter anda dan ceritakan perjalanan anda selama ini.

Pengawasan

gejala-avianSeseorang yang terkena flu harus istirahat dan tidur yang cukup dan banyak minum. Obat demam dan sirup obat batuk berguna untuk meringankan gejala. Apabila tidak ada infeksi karena bakteri, obat antibiotika jangan dipakai. Pasien juga perlu menjaga kebersihan diri dan sering cuci tangan untuk menghindari penyebaran virus dari tangan yang kena virus sewaktu menyentuh hidung atau mulut. Aspirin tidak boleh digunakan untuk anak-anak, karena dapat mengakibatkan sindrom Reye. Penderita yang memiliki kekebalan melawan penyakit yank rendah atau apabila terjadi tanda-tanda memburuknya kondisi badan, perlu segara meminta nasehat dokter.

Flu burung H5N1 pada umumnya lebih menyengsarakan daripada flu biasa, dan seringkali memerlukan perawatan di rumah sakit. Penderita harus berkonsultasi ke dokter sesegara mungkin. Berberapa obat anti virus mungkin efektif untuk pengobatan penyakit itu. Obat-obatan harus digunakan secara hati-hati sesuai instruksi dokter, karena obat-obatan itu kemungkinan dapat mendatangkan akibat sampingan yang kurang baik.

Perlindungan terbaik terhadap influenza dan flu burung adalah dengan membangun ketahanan tubuh yang baik. Hal ini bisa diperoleh melalui pola makan seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, pengurangan ketegangan dan tidak merokok. Apabila anda memiliki gejala-gejala flu, lebih baik menghindari tempat-tempat umum yang ramai yang memiliki sirkulasi udara buruk.

Kotoran-kotoran burung dan unggas hidup yang terinfeksi dapat membawa virus flu burung. Orang harus menghindari untuk menyentuh burung dan unggas serta kotorannya. Apabila anda telah memegang burung dan u ggas hidup. segara cuci tangan dengan sabun cair dan air dengan benar. Apabila anda memeliharan burung di rumah, hindari memegang burung itu dan mencuci tangan dengan benar memakai sabun cair setiap kali sehabis memegangnya atau setelah membersihkan kotorannya. Sekolah-sekolah dan tempat-tempat penitipan anak harus mengambil tindakan-tindakan untuk menghindari anak-anak untuk menyantuh unggas hidup. Unggas dan telur harus dimasak dengan benar sebelum dimakan. Apabila melakukan perjalanan keluar negri, hindari memegang burung dan unggas hidup. Apabila mengalami gejala flu setelah kembali dari daerah berjangkitnya flu burung, harus segera berkonsultasi ke dokter. Beritahu dokter riwayat perjalanan anda. Pakailah masker untuk menghindari penyebaran penyakit itu.

Perhatikan selalu kebersihan diri dan lingkungan dengan baik setiap saat. Pelihahra kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan memakai sabun cair, terutama sebelum makan, memegang hidung, mulut dan mata. Tutup mulut dan hidung anda dengan kertas batuk atau bersin. Buang kertas tisu kotor ke dalam tempoat sampah yang memiliki tutup, lalu cuci tangan dengan benar!

(Dari berbagai sumber)

Tulisan terkait:

About these ads

Entry filed under: Kesehatan. Tags: .

Flu Babi dan Cara Pencegahannya Bersyukurlah…..

22 Komentar Add your own

  • 1. Ririn  |  17 Februari, 2012 pukul 4:03 pm

    Thanks to infox. Sukses slalu yeah.,.,

    Balas
  • 2. taufik  |  2 Maret, 2012 pukul 5:58 am

    ayam tentangga saya tiba2 mati mendadak di halaman rumah saya,dan bangkainya mengeluarkan lendir dari mulut nya,saya jadi takut ayam itu sudah di buang ke tempat sampah dan halaman saya sudah disiram dengan air dan karbol,apa yang harus saya lakukan lagi?saya mempunyai 2 anak kecil dirumah

    Balas
  • 3. Adien  |  5 Juli, 2012 pukul 9:47 am

    Gw bingung ni caranya ngobatin ayam gw yang kena gejala plu brng,

    Balas
  • 4. Cahyo  |  27 Oktober, 2012 pukul 6:53 am

    Mari kita bangun kehidupan yang sehat.

    Balas
  • 5. Anonymous  |  5 Juni, 2013 pukul 3:25 pm

    Ayam saya terserang flu burung saya tidak tau bagai mana cara mengobatinya

    Balas
  • 6. Anonymous  |  26 Juni, 2013 pukul 10:25 am

    saya bingung ayam sya mati stu persatu knp y….

    Balas
    • 7. Anonymous  |  30 Mei, 2014 pukul 11:43 am

      Mungkin kena flu burung…

      Balas
  • 8. Anonymous  |  5 September, 2013 pukul 7:37 pm

    saya bingung ayam saya pada mati dan saya takut penyakitnya nular ke ayam lain,bagaimana cara menanggulanginya.

    Balas
    • 9. Anonymous  |  18 September, 2013 pukul 10:22 am

      Sanitasii& kbersihan sampean jga

      Balas
  • 10. Dewi puspitasary  |  14 September, 2013 pukul 8:19 pm

    Thank’s

    Balas
  • 11. Jenal jampang  |  7 Februari, 2014 pukul 9:33 pm

    Jenal bingung bgy mana cara nya mengobati ayam yang kena penyakit plu burung coba beri cara mengobatinya agar tida terkena lagih

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Waktu Saat Ini

Arsip

Kata Bijak

Ketakutan dan kekhawatiran yang tidak beralasan tidak akan membawa perubahan apapun pada kehidupan kita. Keberanian mengambil risiko dengan di iringi do’a dan rasa percaya diri merupakan awal dalam meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Pengunjung

  • 761,906 visitors

Negara Asal Pengunjung

free counters

Lokasi Pengunjung

Poling Hari Ini

Pembaca Terakhir

Join My Community at MyBloglog!
Jangan asal copy paste ya..
Academic,  Learning & Educational Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Website saya nilai
Rp 27.64 Juta

alexaku
counter


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: